GURU DAN PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

ABSTRAK
Guru merupakan salah satu komponen utama dalam organisasi sekolah, sehingga dituntut terlibat secara aktif membantu kepala sekolah bersama guru lainnya dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh sekolah tempat ia bertugas. Keterlibatan guru adalah secara keseluruhan (totalitas), yang tidak hanya aspek fisik-material tetapi juga melibatkan mental-spritual, dalam rangka mencapai tujuan.
Pandangan di atas menggambarkan betapa luasnya wilayah kerja yang mesti diemban oleh guru, tidak hanya terbatas pada relasinya dengan peserta didik, akan tetapi juga meliputi aspek-aspek di luar peserta didik. Kompleksitas tersebut juga berarti banyaknya peran yang mesti dimainkan oleh guru, antara lain: a) Pengambil inisiatif, pengarah, dan penilaian kegiatan-kegiatan pendidikan; b) Wakil masyarakat, yang berarti dalam lingkungan sekolah guru menjadi anggota suatu masyarakat; c) Orang yang ahli dalam mata pelajaran; d) Penegak disiplin; e) Pelaksana administrasi pendidikan; f) Pemimpin generasi muda; dan g) Penerjemah kepada masyarakat.
Peran-peran administratif oleh guru mencakup pendekatan-pendekatan sebagai berikut: Pertama, dalam konteks kapasitasnya sebagai tenaga pengajar, yang menyangkut aspek individualnya sebagai guru; Kedua, adalah sebagai anggota masyarakat yang secara formal bekerja sebagai guru di sekolah (sosial approach); Ketiga, dalam konteks peran pembaharu bagi pemuda atau anak didik.
Beberapa aspek administrasi di sekolah yang perlu dipahami guru antara lain: 1) administrasi pengembangan kurikulum; 2) administrasi kesiswaan; 3) administrasi sekolah; 4) administrasi sarana-prasarana; 5) administrasi keuangan; 6) administrasi tentang hubungan sekolah dengan masyarakat.

Kata Kunci: Administrasi Sekolah, Guru

Catatan:
Artikel ini telah dimuat pada Jurnal Al-Ta'dib Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari Vol.4 No.1 Tahun 2011, dalam versi cetak.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. assalamualaikum pak, pak mau tanya pak mengenai tugas observasi yang bapak berikan pada kita. itu pak bagaimana itu prosedur tugasnya kita pak mengenai observasi di sekolah pak. prosedurnya bagaimana yah pak bingung, instrumennya kita buat sendiri dan lain lain itu pak apa kita yang buat sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI