RENCANA STRATEGIS



MENGELOLA PERGURUAN TINGGI DALAM IKLIM KETIDAKPASTIAN (MEMAHAMI DINAMIKA PERENCANAAN STRATEGIS DI STAIN SULTAN QAIMUDDIN KENDARI

Syahrul
Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami dinamika perencanaan strategis di STAIN Kendari sejatinya menjadi pedoman mengelola lembaga dalam iklim yang penuh ketidakpastian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deksriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perumusan rencana strategis STAIN Kendari 2009-2014 memiliki kelemahan-kelemahan konseptual dan praktik seperti: (a) tidak ditemukannya pendekatan-pendekatan dalam perumusan rencana strategis, (b) Tidak mencakup identifikasi isu-isu strategis. Sehingga visi, misi, dan tujuan tidak memiliki pijakan faktual yang kuat; (c) tidak dikemukakan penjelasan tentang cakupan pengembangan renstra; (d) Proses perumusan renstra STAIN Kendari belum memberikan ruang yang luas partisipasi para pemangku kepentingan (stakeholders); (e) Perumusan renstra belum berdasarkan pada hasil kajian terhadap lingkungan eksternal, maupun kajian internal secara komprehensif; (f) Rencana strategis belum mampu mendorong perilaku kompetitif di masyarakat maupun di internal lembaga; (g) Peta Tahapan Kegiatan dan Capaian Tidak Jelas. 2. Arah pengembangan STAIN Kendari mengarah kepada 6 (enam) tujuan, 61 kebijakan dan 103 program. Temuan riset ini menunjukkan 61 kebijakan yang diharapkan lahir dalam mengarahkan pengembangan STAIN Kendari 2009-2014 tidak ditemukan wujudnya. 3. Evaluasi rencana strategis STAIN Kendari 2009-2014 menunjukkan bahwa tujuan-tujuan yang telah dirumuskan belum menunjukkan bentuknya dan menunjukkan kelemahan secara konseptual.

Kata Kunci:     Iklim Ketidakpastian, Pendidikan Tinggi, Perencanaan Strategik

Komentar

  1. Kawan-kawan Mahasiswa MPI-A/2015
    Silahkan, dtunggu ulasannya....

    BalasHapus
  2. Berpacu pada abstrak diatas, bahwa resntra pada tahun 2009-2014 itu belum tercapai dengan baik. hal ini terbukti pada bebrapa fakta yang terjadi di kampus kita. dimana belum banyaknyta stakeholder yang malakukan kerjasama dengan pihak kampus.

    BalasHapus
  3. Yang sy ingin ulas mengenai abstrak di atas yaitu bagaimana rencana strtegis perguruan tinggi STAIN Kendari, karena abstrak di atas hanya membahas iklim ketidak pastian pendidikan agama islam STAIN,kalau menurut sy sebaiknya abstrak ini juga harus membahas renstra dan cara pengelolaan perguruan tinggi bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, Abstrak memang berisi ikhtisar dari penelitian, pembahasan yang lebih luas dapat dibaca di LP2M.

      Kedua, berilah ulasan dengan memberi tinjauan berdasarkan hasil-hasil bacaan yang relevan

      Hapus
    2. Jadi abstrak itu inti dr penelitian yah pak? Dan harus di dukung dengan hasil2 bacaan yg banyak dan relevan.

      Hapus
    3. iya, abstrak itu istilah lainnya ikhtisar

      Hapus
  4. melihat abstrak yang telah di paparkan di atas bisa saya tarik kesimpulan bahwa rencana strategis yang di rencanakan oleh para pimpin, belum mampu memotivasi para pekerja untuk berpartisipasi dalam pengembangan kampus IAIN Kendari, dan juga pasti ada problem mengapa hal itu dapat terjadi karena dapat dilihat pada uraian di atas bahwa para pelaksana rentra belum memaksimalkan diri atau belum maksimal dalam pelaksanaan renstra

    BalasHapus
  5. Melihat realita tersebut menandakan bahwa dalam perencanaan strategi yang dilakukan belum tercapai secara maksimal. untuk itu, seyogyanya perencanaa stategi harus didasarkan pada analisis SWOT yang akurat. sehingga rencana strategi yang dihasilkan mampu mewadahi segala apa yang diharapkan oleh stakeholder.

    BalasHapus
  6. Berdasarkan abstrak diatas bahwa renstra yg dikembangkan di IAIN Kendari masih sangat membutuhkan banyak perbaikan dalam pengimplementasian dari renstra Tersebut, oleh karena itu harus di sesuaikan dengan analisis yang telah dilakukan,karena tahap analisis lah yang paling utama dilakukan sebelum menyusun Renstra.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mhn dituliskan nama akunnya dengan jelas ya...karena disini masih terlihat "unknown"...

      Hapus
  8. Berdasarkan abstrak diatas dapat dikatakan bahwa masih kurangnya kesiapan dalam peberapan renstra sehingga tidak membdrikan dampak terhadap meningkatan kualitas lembaga.selain itu kurangnya sinergitas antara pempinan dan bawahan membuat semakin sulinya islntitut agama islam negeri kendari berkembang.

    BalasHapus
  9. Melihat realita tersebut menandakan bahwa dalam perencanaan strategi yang dilakukan belum tercapai secara maksimal. untuk itu, seyogyanya perencanaa stategi harus didasarkan pada analisis SWOT yang akurat. sehingga rencana strategi yang dihasilkan mampu mewadahi segala apa yang diharapkan oleh stakeholder

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Dari abstrak tersebut, yang bisa saya pahami adalah tentang penerapan renstra yang tidak berjlan dgn baik atau tidak berjalan sesuai strategi, itu terjadi bisa dikarenakan pada tahun 2009-2014 memang perencanaan tersebut belum dipersiapkan secara matang sehingga tidak berjalan dengan efektif dan efisien terbukti dari abstrak yg menjelaskan bahwa visi misinya saja tidak memiliki pijakan faktual yang kuat.

    BalasHapus
  12. Dari realitas abdtrak yang telah sya baca...belum ada sholidaritas yang kuat sehingga sehingga apa yang menjadi tujuan" itu sukar untuk tercapai.

    BalasHapus
  13. Melihat dari Abstrak diatas bahwasanya perencanaan strategi 2009-2014 yang dilakukan belum memiliki kemajuan atau perubahan. Artinya yang di lihat berdasarkan Analisis SWOT tersebut Masih banyak kelemahan-kelemahan yang ada ketimbang keunggulan dan peluangnya. Dan hal ini biasa disebabkan oleh kurangnya kerja sama antara pemimpin dan bawahan yang ikut serta atau berkecimbung di dalam organisasi tersebut. Sehingga tidak bisa memberikan pelayanan yang puas terhadap stakeholder yang d butuhkan atau yang diinginkan. Terimakasih.

    BalasHapus
  14. Berdasarkan abstrak di atas,pemangku kebijakan di STAIN Kendari belum benar-benar serius mengimplementasikan RENSTRA yang telah di susun. terlihat dari belum terfokusnya arah pengembangan dalam organisasi sehingga program yang di susun brlum bisa berjalan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat setuju dengan pendapat saudari Ratna Ningsih bahwa pemangku kebijakan dalam lembaga dalam hal ini yang paling menonjol adalah pemimpin lembaga, artinya belum benar-benar mengimplementasikan RENSTRA yang telah di rencanakan.

      Hapus
  15. Bardasarkan ulasan abstrak yg tercantum di atas, alasan dari tidak keberhasilannya RENSTRA untuk meningkatkan kualitas atau mutu STAIN Kendari tidak terlepas dari bagaimana pemimpin menanamkan rasa tanggung jawab yabg penuh terhadap lembaga dalam hal ini STAIN Kendari dalam hal untuk kewujudkan apa yang menjadi titik penting dalam peningkatan mutu lembaga (stain kendari) .
    Kemudian, abstrak di atas menjelaskan RENSTRA pada STAIN kendari sampai saat ini masih menjadi kelemahan lembaga, mungkin bisa di cantumkan pendekatan apa yang dapat diaplikasikan dalam peningkatan mutu lembaga dalam hal ini RENSTRA.
    syukron... Mohon maaf apabila ada kesalah pahaman 🙏

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

    Dari hasil bacaan abstrak saya di atas ternyata STAIN Kendari pada tahun 2009-2014 memang dalan perencanaannya belum 100% berhasil di petakan.

    Padahal idealnya dalam suatu institusi atau lembaga, perencanaan merupakan hal pertama yang harus bisa dipetakan dengan baik.

    Karena kita tahu bersama perencanaan merupakan tindak-tanduk lembaga atau institusi tersebut untuk mencapai tujuannya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  18. Dear Kawan2, dapat saling menanggapi ulasan kawan lain...

    BalasHapus
  19. Bismillah
    Assalamualaikum

    Terkait ulasan di atas menimbulkan kegelisahan secara pribadi, karena ada bnyak poin kelemahan namun tidak memiliki solusi bagi generasi serta para Alumni, yg menjadi ketakutan saya nilai jual kita kita di masyarakat tdk nampak bgtu tajam terhadap di siplin ilmu kita terkhusus alumni.

    Saran saya.

    Perlu adanya peningkatan atau kerja sama dgn ekternal kampus agar nilai jual mita di masyarakat bisa di pertimbangkan, pihak kampus seharusnya menciptakan lapangan kerja bagi para calon Alumni agar ketika calon para alumni tdk merabah2 lagi untuk kedepannya.

    Dari : irhas saputra

    BalasHapus
  20. Assalaamu'alaykum
    Dari abstrak diatas, menunjukkan bahwa pada tahun 2009-2014 dinamika perencanaan strategis di STAIN Kendari masih terdapat kelemahan2 dan praktik. yaitu tdk ditemukan pendekatan2 dalam rencana strategis. kemudian arah pengembangan STAIN Kendari tidak ditemukan wujudnya.
    Sekian dan Terimakasih
    Wassalam

    BalasHapus
  21. mengulas daripada bacaan diatas, bagi saya pribadi merasakan hal yang sama dari apa yang telah dipaparkan. saya merasa 4tahun yang lalu sebelum saya mengetahui kampus tersebut, adalah hal yang menjadi pertanyaan apa yg salah oleh institusi tersebut? seperti salahsatunya sebelum masuk di kampus STAIN/IAIN KDI saya samasekali belum mengetahui kampus ini padahal saya orang pribumi. sehingga dari abstrak ini atau hasil penelitian terjawab atas apa dulu saya resahkan. sehingga menurut saya dari hasil-hasil penelitianlah salah satu strategis mengetahui kelemahan baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paparan di atas sudah cukup memberikan pengethuan kepada kita mengenai apa saja yang menjadi kelemahan yang mengakibatkan tidak tercapainya renstra yang telah disusun. Terimakasih

      Hapus
  22. Dari ulasan diatas mengenai manajemen satrategi saya sangat setuju karna biar bagai mana pun juga starategi yang harus di perkuat sebelum melakukan sesuatu baik itu di perguruan tinggi mau pun di lembaga pendidikan

    BalasHapus
  23. bismillah, berdasarkan abstrak di atas maka saya menarik kesimpulan bahwa renstra STAIN 2009-2014 hanyalah sekedar formalitas, mengapa saya katakan seperti itu karna mengacu pada hasil penelitian tersebut bahwasannya yang di harapkan dari renstra yaitu dapat mengarahkan pengembangan STAIN Kendari 2009-2014 namun nyatanya tidak ditemukan wujudnya selain itu pula dari hasil evaluasi rencana strategis STAIN Kendari 2009-2014 menunjukkan bahwa tujuan-tujuan yang telah dirumuskan belum menunjukkan bentuknya dan menunjukkan kelemahan secara konseptual, sehingga untuk perumusan renstra berikutnya hasil penelitian ini dapat di jadikan referensi untuk membuat renstra yang sesuai dengan harapan baik praktik ataupun dengan konseptual

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Mengulas dari abstrak diatas, dikatakan bahwa rencana stategis 2009-2014 di STAIN Kendari masih kurang maksimal, tidak ada kepastian, terdapat kelemahan-kelamahan dan lain sebagainya itu menurut Saya memang seharusnya tidak terjadi dalam sebuah lembaga. Namun dari semua pendapat tersebut, kesalahan atau ketidak sesuaian perencanaan dengan hasil tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya itu memang kadang terjadi. Jadi menurut Saya, perencannaan 2009-2014 bisa kita bandingkan dengan perencanaan 5 tahun selanjutnya. Jika masih terdapat kelemahan-kelemahan seperti sebelumnya itu memang sudah fatal.

    Terima kasih

    BalasHapus
  25. Berdasarkan abstrak diatas maka terlihat bahwasanya renstra ini belum terealisasi dengan baik. Pembuatan renstra ini harus didasarkan pada hasil analisis yang telah dilakukan.karena hasil anLisis lah yang menentukan bagaiman rencana strategi itu akan disusun dan di jalankan.

    BalasHapus
  26. Dari abstrak diatas ada beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa :
    1. Perumusan rencana strategis STAIN Kendari 2009-2014 memiliki kelemahan-kelemahan konseptual dan praktik
    2. Tidak di temukan wujud dari pengembangan STAIN Kendari yang mengarah pada beberapa kebijakan dan program, dan
    3. Evaluasi rencana strategis belum menunjukkan bentuknya dan kelemahan secara konseptual.

    Mengenai ke 3 poin tersebut, STAIN Kendari harus mendesain analisis SWOT yang matang baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek dan lebih fokus pada pijakan faktual.
    Perencanaan hanya akan bermanfaat apabila melalui proses perencanaan strategis yang mampu membentuk kemampuan berfikir dan bertindak bagi orang-orang penting pengambil keputusan dalam suatu organisasi.
    Perencanaan strategis bukanlah tujuan dalam perencanaan strategis itu sendiri, karena perencanaan strategis hanyalah merupakan kumpulan konsep untuk membantu para pemimpin membuat keputusan penting dan melakukan tindakan penting bagi keberlangsungan dan kejayaan organisasi. Namun yang menjadi kendala pada STAIN Kendari ada pada pengaplikasian dan control yang tidak rutin sehingga beberapa kebijakan dan program tidak di temukan wujudnya.

    Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
    Musjuliana

    BalasHapus
  27. dari absatrak diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sanya rencana startegi stain kendari belum sepenuhnya berhasil dikarenakan adanya kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam perencanaan strategi tersebut dan tidak memiliki solusi pemecahan masalah sehingga dalam pengembangan stain kendari tidak ditemukan wujudnya.

    BalasHapus
  28. asalamualaikum wr.wb
    mengenai abstrak yang di paparkan diatas saya dapat menarik kesimpulan bahwa STAIN kendari harus melakukan analisis SWOT dengan baik untuk jangka panjang dan jngaka pendek guna mencapai proses RENSTRA yang baik untuk membentuk kemampuan berfikir para pemimpin dan anggotanya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkait renstra yang baik secara jangka pendek dan panjang, apa renstra yang bisa di sampaikan kepada KMAPUS kita , dimana kita sebagai agent of change.?

      Hapus
  29. Assalamualaikum wr wb. dari ulasan abstrak di atas saya berpendapat bahwa tidak terealisasinya renstra tersebut akibat kurangnya pendekatan-pendekatan dalam melakukan sebuah perubahan tersebut serta tidak digunakannya analisis SWOT di mana analisis ini kita bisa mengetahui adanya peluang, kekuatan, kelemahan dan ancaman yang terjadi di lembaga internal kampus. dan ketidak jelasanya konsep-konsep pengembangan renstra yang melahirkan ketidak pastian dalam perencanaan tersebut. serta kurangnya partisipan berbagai pihak yang benar-benar paham mengenai renstra tersebut.

    BalasHapus
  30. Bertolak dari abstrak di atas, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa renstra pada tahun 2009-2014 terdapat beberapa kendala yanh sangat signifikan baik dari segi perencanaan maupun dari segi pelaksanaan yang terdapat pada poin-poin di atas.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Muhammad Rohim mpi a
    perencanaan strategik:
    Menurut Kerzner Perencanaan Strategis (Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan.
    Menurut Robert N. Anthony perencanaan strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlaj sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program selama beberapa tahun depan.
    kesimpulannya :Dapat disimpulkan bahwa rencana strategis adalah rencana spesifik mengenai bagaimana untuk mencapai ke arah masa depan yang akan diambil oleh pimpinan. Sedangkan Perencanaa strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan kesetiap program jangka panjang selama beberapa tahun kedepan

    Cakupan Perencanaan Startegis

    Perencanaan Jangka Panjang
    Perencanaan ini meliputi jangka waktu hingga 10 tahun keatas dalam perencanaan ini belum di tampilkan sasaran sasaran yang bersifat kuantitatif tetapi lebih kepada proyeksi atau perspektif atas keadaan ideal yang di inginkan dan pencapaian keadaan yang bersifat fundamental.

    Perencanaan Jangka Menengah
    Jangka waktunya 3 sampai 8 tahun. Di Indonesia umunya 5 tahun. Ini merupakan penjabaran atau uraian perencanaan jangka panjang, walaupun perencanaan jangka menengah ini masih bersifat umum tetapi sudah di tampilkan sasaran yang di proyeksikan.

    Perencanaan Jangka Pendek
    Jangka waktunya 1 tahun. Perencanaan ini di sebut juga perencanaan operasional tahunan . contoh ,proyek- proyek

    Jadi, perencanaan strategis yang di lakukan harus sesuai dengan visi misi yang ada dengan menggunakaan dimensi waktu jangka panjang,jangka menengah dan jangka pendek, yang sesuai dengan keadaan kampus dan sesuai visi misi yang ada.dan dalam perencanaan strategis harus menggunakan ANALISIS SWOT guna menciptakan perencanaan strategis yang efektif.

    Kekuatan : stain kendari merupakan kampus negeri satu-satunya yang berbasis keagamaan di Kendari.

    Kelemahan : kurangnya komunikasi yang baik terhadap pengenalan kampus di sekolah umum (SMA) sehingga tidak dapat memaksimalkan keadaan yang ada di kampus.

    PeluanG: Peluang yang ada di stain kemdari adalah pembayaran spp kampus yang masih relatif murah dibandingkan kampus negeri lainnya di kendari sehingga dapat di jangka oleh masyarakat menengah kebawah untuk melanjutkan studi perguruan tinggi.

    Ancaman : Makin banyaknya kampus perguruan tinggi di kendari dengan kualitas yang lebih memadai untuk manarik minat masyarakat yang akan melanjutkan perguruan tinggi.

    Sintesis :
    Tuntutan membangun perguruan tinggi berkualitas mensyaratkan pengenalan yang baik terhadap kondisi eksternal dan penguatan internal. Pengenalan
    eksternal bermanfaat mendorong kebijakan yang mendekatkan lembaga dengan masyarakat pengguna jasa pendidikan, pemerintah,dunia kerja, dan masyarakat secara luas. Upaya memenuhi harapan pelanggan sebagai syarat kualitas dapat dicapai dengan menggunakan pendekatan strategik. Praktik perenanaan strategis di IAIN Kendarihanyalah contoh betapa perencanaan strategis tidak cukup hanya
    diadopsi sebagai trend dunia, tetapi sebaiknya diamalkan secara konsisten.
    Trims

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. DITUNGGUN AKUN/BLOG PRIBADI MAHASISWA MPI-A/V....

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Nama = yuniarni
    Nim = 16010103038
    Akun blog=yuniarniyn98.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum.. Pak
    Nama:melinda
    Nim:16010103019
    Alamat blog:melindaaquariusblog.Blogspot.Com

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum Wr Wb
    Selamat Siang Pak ! Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam perlindungan Allah SWT.
    Nama : Rafiuddin
    Nim : 15010103043
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Semester : VII
    Akun : rafiuddinpmii.blogspot.com

    BalasHapus
  40. Assallamualaikum wr wb pak
    Nama : Cici yuliansih
    Nim : 16010103011
    Alamat blog : Ciciyuliansih25.blogspot.com

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Assallamu'alaikum Wr.Wb.
    Nama : Munajad
    Nim : 16010103014
    Alamat Blog : Munajad14.blogspot.com

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:siti tosmini
    Nim :16010103015
    Alamat blog:sitirosminiblog.blogspot.com

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum Wr wb
    Nama:Nur Aini
    Nim:16010103004
    Alamat blog : ainirauf.blogspot.com

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum Wr,wb
    Nama: Supriadin
    Nim: 16010103028
    Alamat blog: Supriadin352.blogspot.com

    BalasHapus
  46. assalamualaikum Wr,Wr
    Nama:Helmi B
    Nim:16010103005
    Alamat blog:helmybhingku@gmail.com

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum
    Nama : siti asfiah at-thahirah
    Nim : 16010103013
    Alamat blog : asfiyahatthahirah.Blogspot.com

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum
    Nama:bunga fatimah
    Nim:16010103003
    Alamat blog:bungafatimah03.blogspot.com

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum
    Nama : Agung Hddad
    Nim :16010103026
    Alamat Blog : agunghaddad98.blogspot.com

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum
    Nama:Arbianto
    Nim :16010103009
    Alamat:arbiantos.blogspot.com

    BalasHapus
  51. Assalmualaikum.
    Nama : Fadli
    Nim. : 16010103032
    Alamat blog : Fadlibiru.blogspot.com

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum
    Nama :WIDIA ZUKELMI
    Nim : 16010103022
    Alamat Blog : Widiazukelmi.blogspot.com

    BalasHapus
  53. assalamualaikum
    Nama:Ristian Wahyuni
    Nim :16010103031
    Alamat Blog :ristianwahyuni.blogspot.com

    BalasHapus
  54. assalamualaikum
    Nama :Mariani
    Nim :16010103025
    Alamat blog :Mpimariani.blogspot.com

    BalasHapus
  55. Assalamua'alikum. Wr.Wb.
    Nama :Laode Marjono
    Nim :16010103033
    Alamat Blog :amarjhono.blogspot.com

    BalasHapus
  56. Assalamua'laikum.Wr.Wb.
    Nama : Putri Rahmadani
    Nim : 16010103010
    Alamat blog : putrirahmadani07.blogspot.com

    BalasHapus
  57. BissmILLAH assalamu'alaikum warahmatuLLAHI wabarokatuh
    Nama : Syafrianto
    Nim : 16010103035
    Alamat blog : syafriantosafril.blogspot.com

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum wr.wb
    Mohon Izin Komentar Pak.
    Nama : Erwin Agus Setiawan
    NIM : 16010103034
    Alamat Blog : erwinagus12.blogspot.com
    Terimakasih !

    BalasHapus
  59. Nama : La ode Marjono
    Nim : 16010103033
    Alamat Blog : amarlaode.blogspot.com

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum...
    Nama : Rustam. B
    Nim : 16010103008
    Alamat blog : zamzamirustam.blogspot.com

    BalasHapus
  61. Asalamualaikum...
    Nama: Supiono
    Nim: 16010103007
    Alamat blog: SupionoHits.blogspot.com

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Nama :yusri
    Nim : 16010103027
    Alamat : yusripmii.blogspot.com

    BalasHapus
  64. Nama :yusri
    Nim : 16010103027
    Alamat : yusripmii.blogspot.com

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Nama: Muh.Kaharuddin Kaso
    NIM: 16010103001
    Alamat Blog: kaharslide.wordpress.com

    BalasHapus
  67. Nama : muh badrun
    Nim: 16010103017
    Alamat blog :muhamadbadrun.blogspot.com

    BalasHapus
  68. Nama : Muh. Ardiansyah Rahman
    Nim : 14010103015
    Alama Blog :ardhymangrafirlana.blogspot.com

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum Wr,Wb
    Nama : helmi b
    Nim : 16010103005
    Alamat blog : fiahelmy98.blogspot.com
    Mohon maaf pak blog asli yg ini.

    BalasHapus
  70. Assalamualaikum wr,wb
    Nama:Rahman
    Nim:16010103030
    Nama blog:Rahmankonggoasa.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI