SEPUTAR INFORMASI JURNAL (YUSRIN TOSEPU)

SEPUTAR INFORMASI JURNAL

(Sumber: http://yusrintosepu.wixsite.com/yoes/single-post/2017/02/05/SEPUTAR-INFORMASI-JURNAL), February 5, 2017

Kemenristekdikti mengkategorikan jurnal ke dalam empat level, masing-masing level memiliki nilai angka kredit yang berbeda. Adapun levelnya sebagai berikut:

  1. Jurnal Nasional
  2. Jurnal Nasional Terakreditasi
  3. Jurnal Internasional
  4. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal nasional adalah jurnal yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan
  2. Memiliki ISSN
  3. Memiliki terbitan versi online
  4. Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu  
  5. Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan.
  6. Diterbitkan oleh Penerbit/ Badan Ilmiah/ Organisasi Profesi/ Organisasi Keilmuan/ Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya.
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia.
  8. Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berbeda  
  9. Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal dua institusi yang berbeda.

Angka kredit bagi tulisan di jurnal nasional adalah 10 sedangkan  tulisan di jurnal nasional yang memenuhi kriteria di atas dan terindeks oleh DOAJ (https://doaj.org/)   diberi nilai yang lebih tinggi dari jurnal nasional yaitu maksimal 15.

Jurnal nasional terakreditasi adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai.

Jurnal internasional adalah jurnal yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan
  2. Memiliki ISSN.
  3. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).
  4. Memiliki terbitan versi online.
  5. Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara.
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 4 (empat) negara.
  7. Terindek oleh database internasional: Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.

Ada tiga database yang sampai sekarang digunakan Kemeristekdikti yaitu: Web of Science (Thomson Reuters), Scopus, Microsoft Academic Search. Adapun laman lain yang digunakan Dikti antara lain http://www.scholarlyoa.com untuk memastikan apakah sebuah jurnal merupakan predator atau tidak.

Hal yang menentukan besar tidaknya nilai angka kredit bukan soal di indeks mana sebuah jurnal bisa ditemukan, tapi apakah tulisan tersebut memiliki faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau Scimago Journal Rank (SJR) dari Scopus. (Abdul-hamid dalam www.abdul-hamid.com)

Jurnal internasional bereputasi adalah jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional di atas, dengan kriteria tambahan terindek pada Web of Science dan/atau Scopus serta mempunyai faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau Scimago Journal Rank (SJR) mempunyai urutan tertinggi dalam penilaian karya ilmiah dan dinilai paling tinggi 40.

Impact factor didefinisikan sebagai: …….Average number of times articles from the journal published in the past two years have been cited in the JCR year. (http://admin-apps.webofknowledge.com/JCR/help/h_glossary.htm#JCR_year_g)


Sementara SJR didefinisikan sebagai: The SJR indicator measures the scientific influence of the average article in a journal, it expresses how central to the global scientific discussion an average article of the journal is. Cites per Doc. (2y) measures the scientific impact of an average article published in the journal, it is computed using the same formula that journal impact factor ™ (Thomson Reuters). (http://www.scimagojr.com/journalsearch.php?q=28773&tip=sid&clean=0)

Sehingga tidak benar kalau jurnal yang terindeks Thomson Reuters lebih tinggi daripada jurnal terindeks Scopus karena posisi Impact factor dan Scimago Journal Rank adalah sama, sama-sama dapat dinilai paling tinggi 40. (Abdul-hamid dalam www.abdul-hamid.com)

Lebih jelasnya dalam konteks penghitungan angka kredit ketentuannya adalah:

  1. Jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional pada butir 8 dan terindek oleh database internasional (Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search) namun belum mempunyai faktor dampak (impact factor) dari ISI Web of Science (Thomson Reuters) atau Scimago Journal Rank (SJR) dalam penilaian karya ilmiah dan dinilai paling tinggi 30.
  2. Jurnal yang memenuhi kriteria jurnal internasional pada butir 8 yang belum terindek pada database internasional bereputasi (Web of Science, Scopus, atau Microsoft Academic Search) namun telah terindek pada database internasional seperti DOAJ, CABI, Copernicus, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti dan dapat dinilai karya ilmiah paling tinggi 20.

Proceeding adalah kumpulan dari paper-paper yang dipresentasikan (Internasional angka kreditnya 15, nasional 10) dalam sebuah konferensi. Jika kemudian paper-paper tersebut hendak dipublikasikan dalam sebuah jurnal, Maka proses penerbitannya sesungguhnya tidak berbeda dengan proses memasukkan kedalam jurnal seperti biasa. paper yang telah dipresentasikan diperbaiki berdasarkan berbagai masukan dan kritik kemudian dikirimkan ke pengelola jurnal. Walaupun bisa saja pihak panitia konferensi/panel bekerjasama dengan satu penerbit jurnal tertentu untuk menerbitkan satu edisi jurnal.

Jika jurnalnya merupakan jurnal edisi khusus, maka penilaiannya sama dengan jurnal internasional di atas, namun tidak bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan khusus (Misalnya syarat khusus menerbitkan tulisan di jurnal internasional bereputasi sebagai calon guru besar). (Abdul-hamid dalam www.abdul-hamid.com)

Guna mengetahui, apakah jurnal predator atau bukan, adalah memastikan apakah jurnal atau penerbitnya masuk kedalam daftar di http://scholarlyoa.com/publishers/. Kriteria jurnal predator versi Jeffrey Beal bisa dibaca di sini: https://scholarlyoa.files.wordpress.com/2015/01/criteria-2015.pdf.

Ciri yang paling mudah untuk mengetahui soal predatory journal, adalah proses review yang tak masuk akal (bahkan mungkin tanpa proses review langsung accepted) dan juga fee yang tidak masuk akal, mahal dan beberapa minta dibayarkan sebelum sebuah jurnal dinyatakan accepted (baca: processing fee). Beberapa kriteria lain juga adalah juga ketidakjelasan editorial board dan institusi. Sebagai contoh misalnya, beberapa bulan lalu seorang kawan pernah menanyakan jurnal yang dari namanya seakan-akan berafiliasi dengan Oxford University. (Abdul-hamid dalam www.abdul-hamid.com)

Jurnal Internasional Yang Menjadi Rujukan Tim PAK DIKTI

Ada beberapa rujukan Tim PAK dikti dalam melakukan penilaian terhadap karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah antara lain:

  1. ISI Knowledge -Thomson Reuter (USA )
  2. SCOPUS (Netherland),
  3. Microsoft Academic Search,
  4. Ulrich’sPeriodicals Directory (Proquest)
  5. Academic Search Complete (EBSCO)
  6. Zentralblatt MATH ( Springer – Verlag)
  7. DOAJ (Lund University Swedia)
  8. Peridoque (EP Lausanne Switzerland)
  9. SHERPA/RoMEO (Nottingham University, UK)
  10. Index Copernicus(Poland)
  11. Google Scholar

Informasi terkait dengan laman-laman di atas adalah sebagai berikut:

  1. Nomor 1, 2 dan 3 dipakai sebagai acuan oleh Tim PAK untuk melihat apakah sebuah jurnal dikategorikan sebagai jurnal internasional bereputasi.
  2. Nomor 4,5 dan 6 tidak memberikan informasi pemeringkatan jurnal.
  3. Di laman no 7 DOAJ dalam Tahun 2013, jurnal terbitan Indonesia yang masuk dalam DOAJ sudah melewati angka 100 dan selalu bertambah setiap bulan. Jurnal yang masuk dalam DOAJ kualitasnya lebih baik dari jurnal nasional tidak terakreditasi
  4. Laman nomor 8, 9 dan 10 tidak memberikan informasi seperti di laman no 1, 2 dan 3 . Ada yang harus mendaftar dahulu agar bisa masuk kelaman tsb.
  5. Dari Scopus (www.scimagojr.com) akhir Agustus 2013, terdapat dua belas jurnal terbitan dari Indonesia terindeks di scopus dan diantaranya ada jurnal yang belum terakreditasi Dikti. Jurnal-jurnal tersebut sudah terindeks Scopus sejak tahun 2010 dan mempunyai SJR (indikator seperti IF di ISI Knowledge). Salah satu Jurnal belum terakreditasi Dikti tetapi sudah terindeks dan mempunyai SJR. Tim PAK berpendapat jurnal yang masuk dalam list scopus meskipun belum terakreditasi dikategorikan sebagai jurnal internasional bereputasi.
  6. Nomor 11 tidak memberikan informasi tentang pemeringkatan jurnal.


Ada beberapa pedoman dalam penilaian karya ilmiah yang di acu aoleh TIM PAK Dikti., salah satunya mengenai penilaian terhadap kredibilitas penerbit jurnal  dan klasifikasi terhadap penilaian karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal;
  1. Jurnal Nasional dengan bobot nilai 10 dan yang terindek di DOAJ dengan bobot 15.
  2. Jurnal Nasional Terakreditasi DIKTI, dengan bobot nilai 25.
  3. Jurnal Internasional, dengan bobot nilai 20 apabila tidak terindek di Scopus, Web of Science, dan Microsoft Academic Search, tetapi terindek di DOAJ, CABI, Coprenicus, Ebscho.
  4. Jurnal Internasional Bereputasi, dengan bobot nilai 40 jika terindek di Scopus, Web of Science, dan Microsoft Academic Search dan memiliki Imfact Factor dari ISI Web of Science atau Schimago Journal Rank, apabila tidak memiliki memiliki Imfact Factor maka bobot nilai adalah 30.

Adapun kriteria jurnal ilmiah adalah sebagai berikut;

  1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.
  2. Memiliki ISSN
  3. Memiliki terbitan on-line
  4. Dikelola secara professional
  5. Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah
  6. Ditujuan kepada masyarakat ilmiah
  7. Diterbitkan oleh penerbit oleh Penerbit/Badan Ilmiah/Organisasi Profesi/Perguruan Tinggi
  8. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia
  9. Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berbeda
  10. Mempunyai dewan redaksi/editor yamg terdiri dari para ahli di bidangnya

Sumber:

Abdul-hamid dalam www.abdul-hamid.com
Antara lain Pedoman Operasional PAK Dosen.
Info Jurnal Nasional/Internasional dalam http://www.kopertis12.or.id/category/info-jurnal-nasionalinternasional
http://iwansidharta.com/berita-124-jurnal-internasional-yang-menjadi-rujukan-tim-pak-dikti.html
http://www.pak.dikti.go.id

Komentar

  1. MENERIMA LAPORAN AKUN/BLOG MAHASISWA PAI-B/III

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama:Arsidiq
      Nim :17010101095

      Hapus
    3. nama:M.Alif Matara
      Nim :17010101120

      Hapus
    4. Nama: rizki ahilvania
      Nim:17010101100

      Hapus
    5. Nama : Nor Aisyah
      Nim : 17010101115

      Hapus
    6. Nama : miftakhul rizka
      Nim:17010101023
      Namablog: rizkamiftakhul.blogspot.com

      Hapus
    7. Nama : NUR HAIDA
      NIM :17010101038

      Hapus
    8. Assalamualaikum..
      Nama:Irmayanti
      Nim : 17010101010

      Hapus
    9. Assalamu'alaikum...
      Nama : Nurul Huda/17010101092
      Prodi : PAI B
      Mata Kuliah : Metode Penelitian Kuantitatif

      Hapus
    10. Assalamualaikum...
      Nama :Misda
      Nim:17010101044
      Prodi:PAI B

      Hapus
    11. Assalamualaikum pak. Saya atas nama rizky shilvania sudah ngirim tugas ke blog pak.. Mohon diperiksa

      Hapus
    12. Assalamualaikum pak saya sudah mengirim hasil observasi dengan nama blog bukairma.blogspot.com

      Hapus
  2. Andilham Jaka Suwira
    PAI B semester 3

    BalasHapus
  3. Nama: miftakhul rizka
    Nim : 17010101023
    Nama blog : rizkamiftakhul.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum
    Saya atas nama Siti Novriani
    NIM 17010101064
    Nama blog sitinovrianimpk.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum... Pak
    Nama : Aynul Fatimah
    NIM : 17010101069

    BalasHapus
  6. Nama blog aynulfatimahMPK.blogspot.com

    BalasHapus
  7. NAMA : AGUNG NUGROHO
    NIM :17010101009
    KELAS: PAI B
    SEM: 3
    NAMA BLOG : agungjawatengah.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Nama : Rita Aryanti
    NIM : 17010101017
    Prodi: PAI B/III

    BalasHapus
  9. Nama blog aynulfatimahMPK.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Nama : Zainal
    Nim : 17010101041
    Kelas: PAI B/III
    Nama Blo: zainalmunabarat

    BalasHapus
  11. Nama blog: evaindhy99.blogspot.com

    BalasHapus
  12. nama : wa ode nini
    nim :17010101111
    kelas pai.b
    akun blog :wanini20.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Nama:Usnul Khatima
    NIM :17010101119
    Kelas:PAI B
    Akun Blog:usnulkhatimahiksan.blogspot.com
    Semester 3

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Nama:Usnul Khatima
    NIM :17010101119
    Kelas:PAI B
    Akun Blog:usnulkhatimahiksan.blogspot.com
    Semester 3

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Rista windy astuti
    Nim :17010101074
    KLS :PAI B 3

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Rista windy astuti
    Nim :17010101074
    KLS :PAI B 3

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum pa...
    Nama: Normawati
    NIM: 17010101013
    PRODI: PAI
    Kelas: B
    Akun Blog: normawati13.blogspot.com

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum pa...
    Nama: paramita
    NIM: 17010101071
    PRODI: PAI
    Kelas: B
    Akun Blog: faramita05.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama : Hajlan
    Nim : 16010101142
    Prodi: PAI
    Kelas: B
    Semester; 5
    Akun blog: Hazlan Maluku97.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Nama : Hajlan
    Nim : 16010101142
    Prodi: PAI
    Kelas: B
    Semester: 5
    Akun blog : Hazlanmaluku.blogspot.com
    :#Suara Buton Tengah
    yang ini yang benar pak akun saya

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Maaf pak
    Nama:asri ningsih
    Nim: 17010101079
    Blog:asriningsih091.blogspot.com

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:asri ningsih
    Nim:17010101079
    Blog:asriningsih02.blogspot.com

    BalasHapus
  25. Nama : Wa Ode Nurfana
    NIM : 17010101037
    Kelas : PAI 3 B
    Akun blog : waodenurfana.blogspot.com

    BalasHapus
  26. Nama: Ernawati
    Nim :17010101091
    Kelas : pai B
    Akun blog:ernawatiiain.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Nama : Intan Rezkyawati
    Nim : 17010101062
    Kelas : PAI/ 3 B
    Akun Blog : IntanRezkyawati.Blogspot.com

    BalasHapus
  28. Nama : wa ode nurfana
    NIM : 17010101037
    kelas: PAI 3 B
    Akun blog : waodenurfanampk.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum
      Nama:Fiana
      Nim:17010101055
      Kelas:PAI B3
      akun blog:Fianaa674.blogspot.com

      Hapus
  29. Nama :Muhammad Arif Amrullah
    Nim: 17010101099
    Blog: ArifAmrullah 19.@blogspot.com

    BalasHapus
  30. Nama : Nurul fahmi
    Nim : 17010101122
    Blog : nurulfahmi129@blogspot.com

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Nama:waode yeyen anjelina
    Nim:17010101065
    Bog:Waode yeyen anjelina

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum
    NAMA:waode yeyen anjelina
    KELAS:PAI B
    NIN:17010101065
    BLOG :Waodeyeyenanjelina.blogspot.com
    Tempat observasi :SMAN 2 konsel

    BalasHapus
  34. Assalamu alaikum
    Nama:irmawati
    Prodi/kelas:pai/III.B
    Nim:17010101106
    Blog:Tugasimablogspot.com
    Tempat observasi:SMAN 2 KONSEL

    BalasHapus
  35. nama: ditha febrianti
    nim:17010101001
    kelas: pai c/3
    blog: febriantiditha.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum.
    Nama : Rita Aryanti
    NIM : 17010101017
    Prodi : PAI B
    Semester : 3
    Tugas Observasi
    Tempat : MTs N 1 Konawe Selatan
    Akun Blog : ritajenong.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  38. assalamualaikum pak saya sudah mengirim laporan observasi saya, akun blog : rizkamiftakhul@blogspot.com

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
    Nama: Normawati
    NIM: 17010101013
    PRODI: PAI B
    Semester: 3
    Alhamdulillah saya sudah selesai untuk tugas Observasi, mohon di periksa pak.
    Tempat Observasi: MA AS-SYAFI'IYAH
    Akun Blog: normawati13.blogspot.com
    Terimaksih.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Asslamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Nama:Andilham Jaka Suwira
    NIM :17010101077
    PRODI:PAI/B
    Semester:3
    Tempat Observasi:SMAN 5 Kendari
    Blog:andilhamjakasuwira.blogspot.com
    Terimaksih Pak

    BalasHapus
  42. nama : sukmawati
    nim: 17010101058
    prodi/kelas : Pai B
    semester : 3
    tempat observasi : SMAN 14 konsel

    BalasHapus
  43. nama : nor aisyah
    nim : 17010101115
    prodi/kls : pai B
    SEMESTER : III
    TEMPAT OBSERVASI : MTSs NURUL MAGEFIRAH
    alamat blog : noraisyah08.blogspot.com

    BalasHapus
  44. Nama : Nurmiati
    NIM : 17010101108
    Prodi : PAI B
    SMT : III
    Tempat Observasi : SMKN 07 KONAWE SELATAN
    Alamat Blog : Nurmiati04.Blogspot.com

    BalasHapus
  45. Nama :Nurul fahmi
    Nim : 17010101122
    Prodi: PAI B/3
    Tempat : SMA 2 konsel
    Alamt blog: nurul fahmi129.blogspot

    BalasHapus
  46. Nama :Nurul fahmi
    Nim : 17010101122
    Prodi: PAI B/3
    Tempat : SMA 2 konsel
    Alamt blog: nurul fahmi129.blogspot

    BalasHapus
  47. Nama : Fiana
    NIM : 17010101055
    Kelas: PAI 3 B
    Alamat blog : Fianampk .blogspot .com

    BalasHapus
  48. NAMA:USNUL KHATIMA
    NIM :17010101119
    KELAS:PAI B
    SEMESTER:III
    TEMPAT OBSERVASI:MA.ASY-SYAFI'IYAH KENDARI
    AKUN BLOG:usnulkhatimahiksan.blogspot.com

    BalasHapus
  49. NAMA:USNUL KHATIMA
    NIM :17010101119
    KELAS:PAI B
    SEMESTER:III
    TEMPAT OBSERVASI:MA.ASY-SYAFI'IYAH KENDARI
    AKUN BLOG:usnulkhatimahiksan.blogspot.com

    BalasHapus
  50. NAMA:USNUL KHATIMA
    NIM:17010101119
    PRODI:PAI
    KELAS:B
    SEMESTER:3
    TEMPAT OBSERVASI:MA.ASY-SYAFI'IYYAH KENDARI
    AKUN BLOG:usnulkhatimahiksan.blogspot.com

    BalasHapus
  51. Nama:Andilham Jaka Suiwra
    NIM:010101077
    Prodi:PAI/B
    semester: III
    blog:andilhamjakasuwira.blogspot.com

    BalasHapus
  52. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI