KEPEMIMPINAN DAN INOVASI



KEPEMIMPINAN DAN INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN
(Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara)
Syahrul
Fakultas Tarbiyah IAIN Kendari

Abstrak
Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam khas Indonesia, bahkan lembaga pendidikan tertua di Nusantara. Kehadirannya populer disebut sebagai fenomena desa karena umumnya berada di luar perkotaan. Kondisi zaman yang berubah cepat telah menciptakan polarisasi model pesantren, salaf dan khalaf. Secara substantif dua model tersebut merupakan respon atas perubahan-perubahan eksternal yang dalam luas disebut inovasi. Walaupun demikian, perbedaan antara kedua model pesantren tersebut sudah makin menipis saat ini.
Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara yang merupakan jenis pesantren khalaf, menunjukkan bahwa inovasi-inovasi dapat dilakukan melalui kepemimpinan Kiay. Keberhasilan kepemimpinan itu berlandaskan pada nilai-nilai luhur yang dianut, yaitu 14 point kepemimpinan Gontor yakni kualifikasi yang harus dimiliki oleh para pemimpin Gontor. Kualifikasi kepemimpinan tersebut didukung oleh prinsip atau filosofi panca jiwa dan panca jangka. Keberhasilan tersebut juga menunjukkan integrasi kuat antara kualifikasi kepemimpinan, prinsip/filosofi yang dianut dengan praktek-praktek kelembagaan yang Nampak. Secara umum hal ini menunjukkan pula bahwa figur pemimpin merupakan kekuatan transformatif yang menentukan kemajuan suatu lembaga.

Kata Kunci: Pesantren, Kiay, Kepemimpinan

Komentar

  1. Dear Kawan2 MPI-A/2015,
    Ditunggu ulasannya...

    BalasHapus
  2. pendidikan pesantren dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas terkait pengetahuan atau ilmu agama khususnya agama islam, karena pendidikan model pesantren itu lebih menekankan kepada kedisiplinan, ilmu kalam dan masih banyak lagi terkait ilmu agama, tetapi oendidikan model pesantren juga tidak menutup diri terhadap kehidupan modern, karena anak pesantren juga diajarkan teknologi dan perkembangan zaman, dan cara menyaring dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan zaman tersebut

    BalasHapus
  3. Sy dapat mengulas mengenai abstrak di atas bahwasanya pondok pesantren merupakan jenis pendidikan terdisional..bisa di kata pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan pertama di indonesia.. Namun dengan inovasi2 baru pondok pesantren ini di sulap menjadi pondok pesantren yg lebih modern yg mengikuti zaman jd bisa di simpulkan bahwa keberhasilan suatu lembaga itutergantung siapa yg pemimpin lembaga tersebut.. Dan kalau menurut sy seharusnya penulis bisa menggambarkan bagaimana cara kepemimpinan gontor ini, agar lebih jelas lagi.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Lembaga pondok pesantren merupakan lembaga yang sangat cocok dalam membentuk akhlak mulia setiap anak,oleh karena itu dalam sebuah lembaga pondok pesantren tentunya harus memiliki pemimpin serta pembina yang benar benar paham tentang agama islam, pengelolaan sebuah lembaga sangat ditentukan oleh pemimpinnya, dimana setiap pemimpin harus mampu mengayomi semua bawahan agar bekerja dengan baik sehingga dapat memberikan pengajaran serta pembinaan yang tepat bagi peserta didik..

    BalasHapus
  6. Dewasa ini, lembaga pendidikan benar-benar berada pada masa modern, dan agar pendidikan dalam hal ini pondok pesantren juga harus mengetahui apa saja perkembangan di luar agar lembaganya tidak letinggalan dalam hal informasi.
    Hal tersebut di atas tidak terlepas dari bagaimana seorang pemimpin dalam memimpin lembaganya di era yang semakin modern.

    BalasHapus
  7. pondok pesabtren merupakan lembaga pendidikan keagamaan. pada zaman dulu pondok pesantren hanya berfokus mengajarkan pelajaran keagamaan saja, bahkan santrinya di larang menggunakan alat komunikasi (Hp) dengan alasan kurang bermanfaat. lingkunga pondok pesantren sangat mendidik satrinya, mengajarkan kedisiplinan, dan pembentukan karakter yang baik. bagaimana para santri di didik agar mampu bergaul dengan baik. dengan berkembangnya zaman, para pemimpin pondok pesantren juga memberikan pengetahuan yang lain, bukan hanya pengetahuan keagamaan saja. para pendidik di pesantren harus bekerja keras agar mampu mengkombinasikan pendidikan agama dan pendidikan umum.

    BalasHapus
  8. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran semimpina dalam suatu organisasi merupakan hal yang sangat menentukan eksistensi suatu organisasi. olehnya itu dewasa ini setiap pemimpin memang dituntut untuk menjadi seorang inovator, terlebih dalam lembaga pendidikan. kasus di atas merupakan salahsatu bentuk inovasi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dengan sumberdaya yang mumpuni atau sumberdaya manusia yang memiliki kulifikasi dan kompetensi yang baik tentunya sangat berpelung dalam meningkatkan mutu sebua lembaga.

    BalasHapus
  9. Pondok pesantren adalah suatau dimana seseorang dibina, di bimbing, dimnana kita d latih untuk mandiri, berakhlak yang baik, dan mengembangkan skil yang dimiliki dalam setiap orng. Dan lembaga pendidikan yang termasuk pondok pesantren ini harus memiliki kemajuan dan perkembangan yang d ikuti oleh zaman yang semakin modern. Sehingga pemimpin dapat membuat perencanaan atau strategi-strategi yang harus di lakukan agar lembaga tersebut semakin maju, dan menciptakan santri-santri yang berkualitas dari segi sosial maupun agama.

    BalasHapus
  10. Pola pendidian yg tradisional disertai dgn ketatnya proses seleksi menjadi pemimpin pondok pesantren sehingga membuat pengelolaan lembaga pendidikan di pesanteren yg dampaknya positif terhadap peningkatan kualitas podok pesantren menjadi hal yg sangat baik untuk meningkatkan kualitaspondok pesantren.

    BalasHapus
  11. Dengan semakin berubahnya kondisi zaman, maka pondok Pesantren yang merupakan lembaga pendidikan keagaamaan harus mampu bersaing dengan lembaga pendidikan umum, artinya Sarana dan Prasarana sekolah umum dan pondok pesantern harus diratakn. Karena dengan begitu, Anak2 yg bersekolah d pondok tidak ketinggalan dgn perkembangan zaman. Mereka tidak hanya memiliki pengetahuan Agama tetapi juga mampu mengusai pengetahuan umum.

    BalasHapus
  12. Mengenai perkembagan yang terjadi di duni melalui pondok pesantren yang saat ini pondok yang sudah berkembang karna pemimpin yang ada di pondok tersebut juga memiliki inovasi yang jukub bagus karna bisa melakukan perubahan yang membawah anak anak bangsa yang maju dan berkembang dan bermanfaat untuk masyarakat bangsa

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Setiap lembaga pendidikan membutuhkan yang namanya inovasi dalam mengembangkan lembaga pendidikan, tetmasuk di lembaga pondok pesantren. Dimana pondok pesantren merupakan lembaga dalam membina karakter santri menjadi anak yang berakhlatul karimah. Kepemimpinan yang baik akan menghasilkan pengembangan lembaga yang signifikan.

    BalasHapus
  15. Dari abstrak tersebut yang dapat sy pahami yaitu pola penerapan pondok salaf dan khalaf yang pada awalnya konsep salaf ini membuat pondok tidak berkembang, smentara dengan konsep khalaf tersebut dan dengan pimpinan yang baik dapat membangun juga lebih memajukan pondok itu sehingga dapat tercipta kekuatan yang memajukan lembaga tersebut.

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

    Menurut pemahaman saya, terkait kepemimpinan kyai pada Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara merupakan contoh pemimpin yang sangat baik karena kyai tersebut bisa mengikuti perkembangan zaman tapi tidak meninggalkan roh dari pondok tersebut yang telah turun temurun.

    Karena dengan beberapa inovasi yang dilakukan oleholehmalah pemimpin (kyai) malah akan membuat Pondok tersebut bisa semakin membuat Pondok tersebut lebih eksis.

    Terima kasih !

    BalasHapus
  17. dari uraian abstrak diatas, saya ingin lebih mengetahui apa saja 14 point untuk menjadi seorang pimpinan atau panutan daalam suatu pondok pesantren gontor putra. dan uniknya harus didukung oleh panca jiwa dan panca jangka.

    BalasHapus
  18. terkait keberhasilan kepemimpinan di Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara, Saya sangat setuju bahwa memang kepemimpinan adalah salah satu penunjang keberhasilan suatu lembaga.

    BalasHapus
  19. dalam era sekarang pondok pesantren merupakan lembaga yang sangat dibutuhkan oleh masayarakat untuk mendidik anaknya mulaidari karakter anak, ahlak dan juga perilaku. dan ini tidak lepas dari peran pemimpin pondok keberhasilan suatu didikan tergantubng dari keberhasilan seorang pemimpin dalam memimpin bahwahannya mengarahkan, mengontrol dan juga mengevaluasi bahawannya.

    BalasHapus
  20. Setiap lembaga organisasi tentu saja membutuhkan pemimpin yang innovator untuk mengembangkan organisasinya, bgituh pun kepemimpinan di pondok gontor VII putra Sulawesi tenggara yang memiliki pemimpin innovator dan transformative yang telah di terapkan yang sangat di butuhkan dalam mengembangkan dan memajukan lembaga pendidikan sesuai dengan zamannya tanpa meninggalkan eksistensi dari lembaga pendidkan tersbut.

    BalasHapus
  21. Pondok pesantren juga merupakan lembaga pendidikan yang sangat berperan penting dalam pembentukan karakter psikologis maupun psikis. Dengan kepemimpinan yang mampu menyesuaikab keadaan zaman maka seorang pemimpin harus mempunyai inovasi untuk pondok pesantrennya agae tetap survive dan mampu merubah pemikiran masyarakat yang kebanyakan perpandangan bahwa output dari ponpes itu gaptek..

    BalasHapus
  22. berbicara soal kepemimpian dan inovasi bukan hal asing bagi kaun milenial saat ini. nah tentu kita semua ini (mahasiswa) suatu saat akan menjadi pemimpin di masa mendatang. berangkat dari hal tersebut ketika melihat, mendegarkan kepemimpinan yang dilakukan oleh para piimpinan di pondok pesantren Gontor 7 Putra Sultra perlu di apresiasi. sebab di erah zaman yang begiti global ini pimpinan di pesantren tersebut mampu melakukan perubahan yang baik sesuai denagn zamannya. sehingga inovasi yang dilakukan itu berhasil. Dalam sebuah Lembaga sangat penting pimpinan memiliki jiwa, sifat untuk melakukan inovasi terkaitn kemajuan lembanganya.

    BalasHapus
  23. Untuk kepemimpinan dan inovasinya saya sanggat suka bahkan kagum dgn sistem kepemimpinan di gontor 7, dgn jenis pesantren khalaf, para khiai menunjukkan inovasi yg berbagai kemajuan, sehingga produk2 keluaran gontor kini sangat berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa berikan kami contoh bukti nyata yang bisa kami lihat di lingkungan terkait output gontor yg berkualitas 😘😘

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lantas bagaimana para pimpinan saat ini yang menahkodai lembaga satuan pendidikan non pesantren apakah sama yang dilakukan oleh para pimpinan di paondok pesantren gontor 7 sultra, dengan melihat relaita yang ada?

      Hapus
    2. Mungkin z tertarik dengan pertanyaan saudara Asbar .
      Jadi begini, setiap pemimpin itu tidak akan sama pemikiran dan apapun itu dalam memimpin suatu lembaga. Nah... Berhasilnya sebuah lembaga tergantung bagaimana seorang pemimpin dalam menahkodai lembaga itu.

      Hapus
    3. Sebenarnya kata pemimpin itu kinerjanya sama di lembaga manapun. Terkait non pesantern dan pesantren tergantung bagaimana pelaksanaan kepemimpinan dari lembaga itu sendiri.Setiap pemimpin pasti ingin lembaganya maju tanpa mau ketinggalan dengan zaman yang ada. Jadi, kalau kepeimpinan yang dilakukan pasti berdasarkan lembaga apa yang dipimpinnya dan akan selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang memajukan lembaganya.
      Trims

      Hapus
    4. tapi realita yang terjadi masih ada sekolah yang saat ini tidak maju, walaupun pandagan teman- teman semua pimpinan berpikr maju, tapi dala hal implementasi masih ada bahkan banyak yang belum tercapai. jadi apa yang belum dilaksanakn oleh pimpinan tersebut?

      Hapus
  25. menurut saya pendidikan pesantren saat ini sangat moderen dikalangan masyarakat dimana siswa yang sekolah di pesantren bsa mmbentuk akhlak mulia dan bagi pemimpimpin harus memiliki inovasi dalam peningkatan pondok peantren tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapi, bagaimana menurut pandangan anda terkait banyaknya santri keluaran pesantren yang "tidak" mencontohkan bagaimana anak pesantren pada umumnya. ? 😘😘😘

      Hapus
  26. Bismillah.
    pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan islam tertua di indonesia tidak saja memiliki peran strategis dalam aspek pencerahan keilmuwan. namun juga merupkan lembaga pemberdayaan layaknya lembaga swadaya masyarakat (lsm) yang ada diindonesia. maka untuk mempertahankan hal tersebut pondok pesantren memerlukakn pemimpin yg memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu berinovasi dan mampu membawah perubahan-perubahan dalam mengembangkan aspek pendidikan yang berkualitas.pemimpin pondok pesantren perlu membuat satu keunggulan tertentu keahlian praktis lainya, misalnya keahlian di bidang ilmu agama.

    BalasHapus
  27. Kemajuan sebuah lembaga tidak lepas dari keberhasilan dari seorang pemimpin.
    Inovasi bagi pondok pesantren itu sangat di perlukan dengan catatan tidak menghilangkan budaya dari kepesantrenan itu. karena mengingat zaman yang selalu berubah maka seyogyanya lembaga itu harus bisa mengimbanginya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sorang santri pasti akan bersinggungan lansung dengan masyarakat luar yang sangat majemuk.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Muhammad Rohim Mpi A
    Pola perubahan yang terjadi pada pondok pesantren tersebut sebenarnya harus ada substansi dari manajamen perubahan,dimana pemimpin seorang leader yang harus responsive dalam menanggapi isu-isu yang ada diluar organisasi serta mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menanggapi isu tersebut guna menciptakan regulasi organisasi yang sesuai dengan perubahan zaman. Terkait dengan Kepemimpinan kita dapat mengambil teori :
    James M. Black (1961)

    Kepemimpinan ialah kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain agar mau bekerjasama dibawah pimpinannya menjadi kesatuan dari tim untuk mencapai suatu tujuan.
    teJacobs dan Jacques (1990:281)

    Kepemimpinan adalah sebuah proses memberi arti terhadap usaha kolektif, dan mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaranrtentu.
    Kesimpulannya adalah : dari 2 teori di atas kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengarahkan sikap dan tindakan kelompoknya, mempunyai keahlian dan kemampuan khusus pada bidang-bidang tertentu yang dibutuhkan oleh kelompok guna mencapai tujuan kelompok.

    Menurut hemat saya terkait teori kepemimpinan diatas bahwa setiap kepemimpinan di lembaga apapun harus mempunyai inovasi-inovasi baru sehingga dapat mamajukan lembaga tersebut sesuai dengan visi dari lembaga tersebut sehingga dapat tercapai visi yang diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi bagaimna relaita yang ada dilapangan, apakah teori /pandagan diatas sudah terealisasi?

      Hapus
  30. Terkait ulasan mengenai abstrak di atas mengenai pasatren dan inovatif, dalam dunia pendidik terkhusus Pasantren yg di mana kita ketahui dalam proses pembelajarannya dgn sekolah2 lain sangatbjauh berbedah, proseanya sja sangat berbedah lembaga pendidikan pasanteren adalah lembaga tradisional namun dgn adanya perkembangan saman, saman micin, saman milenial atau tepatnya saman moderen yang di mana lembaga tersebut mengikut pada saman tersebut, agar perkembangan organisasi tdk hanya jalan di tempat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI