MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI

Pengantar Mata Kuliah Perilaku Organisasi

Program Studi: MPI / Semester III / Kelas A

Pendahuluan

Secara umum, organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual. Pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu: orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama, dan kerjasama. Dua orang bekerjasama tanpa tujuan, atau dua orang memiliki tujuan bersama tanpa kerjasama, maka hal itu tidaklah dapat membentuk organisasi.

Dalam praktiknya, organisasi dewasa ini mengalami diversifikasi dan spesifikasi, tetapi peran manusia tetap sangat menentukan di dalamnya. Peran-peran tersebut ada yang dijalankan sesuai koridor aturan bersama dan adapula yang dilandaskan pada kepentingan-kepentingan individual. Praktik demikian menjadi penentu kesuksesan suatu organisasi di masa-masa mendatang.

Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi. Kemampuan seseorang, apalagi pemimpin, mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan suskses berorganisasi. Sebaliknya, dominasi kepentingan pribadi akan membawa suatu organisasi pada posisi sulit berkembang, atau bahkan mengalami kebangkrutan.

 

Sisi Individual

Manusia merupkan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani. Karenanya sisi-sisi individual tersebut tidak dapat dihindari dalam kiprahnya sebagai anggota ataupun pimpinan organisasi. Beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah:

1. Keragaman (diversity)

2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)

3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)

4.  Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)

5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)

6. Motivasi (Motivation)


Sisi Kelompok

Sebagai makhluk sosial, terlebih dalam pergaulannya di dalam organisasi atau kelompok. Karakteristik dari pergaulan kelompok adalah interaksi dan salingketergantungan antara dua orang atau lebih. Oleh karena itu, seseorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok, antara lain:

1. Tim Kerja (Work Teams)

2. Komunikasi (Communication)

3. Kepemimpinan (Leadership)

4. Politik dan Kekuasaan (Power and Politics)

5. Konflik dan Negosiasi (Conflict and Negotiation)

6. Struktur Organisasi (Organization Structure)

7. Budaya Organisasi (Organizational Culture)

 

Penutup

Perilaku organisasi memiliki kajian yang sangat luas, yang juga merupakan gambaran betapa luasnya dimensi pribadi manusia. Dengan kata lain, kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas pribadi manusia. Organisasi yang dinamis dibangun di atas pemahaman tentang dimensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis karena berangkat dari ketidakmengertian tentang manusia.

 

Referensi

Stephen P. Robbins & Timothy A. Judge, Organizational Behavior  

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. nama :Muhammada syah futra hadrat /
    Nim : 19010103029
    pada dasarnya inti oragansasi yaitu team work,komunikasi yang baik dan seorang pemimoin yang mampu memberi arahan kepada bawahan agar suatu suatu maslah atau pun tujuan dapat diselesaikan sesuai dengan yang di ingin kan

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warahmatulahi wabarokatu
    Saya DELIA TRIASMA NINGSIH/MPI/

    ULASAN mengenai artikel MANUSIA SEBAGAI INTI SOSIAL
    Dalam konteks nya manusia merupakan makhluk individu yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Manusia adalah mahkluk sosial yang berperan aktif untuk mengembangkan suatu pekerjaan,sehingga dalam hal hal tertentu manusia akan melakukan suatau pekerjaan secara bersama untuk mendapatkan hasil yg cepat dan maksimal,hal ini mengharuskan manusia untuk membuat sebuah kelompok atau organisasi untuk melakukan pekerjaan tersebut.NAMUN apakah organisasi tersebut akan timbul begitu saja? Tentu tidak!.sehingga ada beberapa hal yang harus di ikuti dalam membuat sebua organisasi yaitu organisasi harus memiliki komponen yang terdiri atas orang,tujuan yang akan dicapai,dan kerjasama, dalam hal ini masuia sangat berperan penting.
    Lalu bagaimana dengan kontes individu dalam organisasi, dimana manusia adalah seorang individu? Jadi,Manusia adalah individu yang harus memiliki aspek penting dalam kontesnya yang terdiri dari 6 bagian yaitu beragam,sikap & keputusan,suasana hati & emosi,keperibadian & nilai,persepsi & keputusan,serta motifasi.Kemudian pada sisi kelompok sebuah organisasi yang mewajibkan adanya sebuah interaksi dan kerjasama antar kelompok,disini individu harus memiliki beberapa hal utama yaitu Tim kerja,komunikasi,kepemimpinan,politik dan kekuasaan,konflik dan negosisasi ,struktur,serta budaya organisasi.

    Baik trimakasih itu tadi ulasan terhadap artikel kali ini yng berjudul MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI.

    terimakasih
    assalamualaikum warahmatulahi wabarokatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : DELIA TRIASMA NINGSIH
      PRODI : MPI
      KELAS : A
      NIM : 19010103008

      Hapus
  4. Nama: Intan Nurmaina
    Nim: 19010103031
    Prodi: MPI/A
    Semester: 3

    "MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI"
    Dalam artikel di atas yang telah saya baca organisasi dapat kita pahami sebagai kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu yang mustahil atau tidak mampu di capai jika di lakukan secara individual. Maka dari itu ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu: orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama dan kerja sama.

    ~ SISI INDIVIDUAL, dasarnya manusia merupakan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani sehingga pada sisi individual ini tidak dapat dihindari dalam kiprahnya sebagai anggota maupun pimpinan organisasi. Ada beberapa aspek yang harus dipahami yaitu :
    1. Keragaman
    2. Sikap dan Kepuasan
    3. Emosi dan Suasanan Hati
    4.  Kepribadian dan Nilai
    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan individual
    6. Motivasi
    ~ SISI KELOMPOK, dalam karakteristik dari pergaulan kelompok adalah interaksi dan saling ketergantungan antara dua orang atau lebih. Maka dari itu dalam kelompok kita harus memahami anatomi dalam kelompok yaitu:
    1. Tim Kerja
    2. Komunikasi
    3. Kepemimpinan
    4. Politik dan Kekuasaan
    5. Konflik dan Negosiasi
    6. Struktur Organisasi
    7. Budaya Organisasi

    Untuk itu berorganisasi mampu mencerminkan kehidupan diri kita pribadi sebagai manusia.

    Terima Kasih.





    BalasHapus
  5. Nama : diah april liana
    Nim : 19010103027
    Smester : 3 (tiga)
    Prodi : MPI / A

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Kehidupan organisasi ialah cerminan kompleksitas pribadi manusia, dengan menjalankan peran-peran yg berlandaskan aturan bersama maupun pribadi. Dalam sisi individual manusia ialah makhluk kompleks, beragam memiliki dimensi jasmani dan rohani sehingga keragaman,kepuasan kerja, emosi,nilai serta persepsi adalah aspek penting sedang dalam sisi kelompoknya manusia selalu berinteraksi dan saling bergantungan satu dan yg lain sehingga harus memahami anatomi kelompoknya yaitu team kerja,komunikasi,kepemimpinan,politik/kekuasaan,konflik serta struktuk dan budaya organisasi itu sendiri. Karena manusia merupakan penyumban penting dalam menjaga ketahan dan kehancuran organisasi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  6. Nama : Wa Ode Hasna Wati
    Nim : 19010103009
    Semester : 3

    Ulasan
    Secara umum Organisasi merupakan kerjasama antara dua orang atau lebih.dari pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu orang, tujuan dan kerjasama. Dalam praktiknya manusia memiliki peran penting dalam organisasi, meskipun dalam organisasi mengalami deverisifikasi dan spesifikasi.dalam peran tersebut ada yang dilaksanakan sesuai aturan bersama dan ada pula yang di dilandaskan sesuai kepentingan-kepentingan individual. Praktik tersebut menjadi penentu kesuksesan suatu organisasi di masa mendatang

    Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi. apalagi pemimpin, mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan suskses berorganisasi. Sebaliknya, dominasi kepentingan pribadi akan membawa suatu organisasi pada posisi sulit berkembang, atau bahkan mengalami kebangkrutan.

    Sisi individual dan kelompok, Dalam sisi individual ada beberapa aspek yang harus dipahami yaitu keragaman, sikap dan kepuasan kerja, emosi dan suasana hati, kepribadian dan nilai, persepsi dan pengambilan keputusan individual serta motivasi. Sedangkan dalam sisi kelompok karakteristik pergaulan yang ada dalam organisasi yaitu interaksi dan saling ketergantungan antara dua orang atau lebih. Oleh karena itu seseorang yang hidup dalam kelompok harus memahami anatomi kelompok yaitu Tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, politik dan kekuasaan, konflik dan negosiasi,struktur dan budaya organisasi.

    BalasHapus
  7. Nama :Nilan Ardila
    NIM :19010103021
    Prodi :MPI-A
    Semester :II (2)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
    Dalam artikel diatas membahas tentang manusia sebagai inti organisasi. Organisasi merupakan kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Ada tiga komponen penting dalam organisasi yaitu : orang (dua orang/lebih), tujuan besar/bersama dan kerjasama. Suatu organisasi tidak akan sukses tanpa peran dari manusia itu sendiri. Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi.

    Manusia sebagai inti organisasi dapat dilihat dari sisi individual dan sisi kelompok.
    1.Sisi individual terdiri dari beberapa
    aspek yaitu:
    * Keragaman (diversity)
    * Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes
    and Job Satisfaction)
    * Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and
    Moods)
    * Kepribadian dan Nilai (Personality
    and Values)
    * Persepsi dan Pengambilan Keputusan
    Individual (Perception and Individual
    Decision Making)
    * Motivasi (Motivation)
    2. Sisi kelompok
    * Tim Kerja (Work Teams)
    * Komunikasi (Communication)
    * Kepemimpinan (Leadership)
    * Politik dan Kekuasaan (Power and
    Politics)
    * Konflik dan Negosiasi (Conflict and
    Negotiation)
    * Struktur Organisasi (Organization
    Structure)
    * Budaya Organisasi (Organizational
    Culture)
    Jadi kehidupan organisasi itu ada di dalam diri manusia itu sendiri. Jika manusia tak mampu mengatur dengan baik dalam berorganisasi maka organisasi tersebut akan hancur begitupun sebaliknya jika manusia dapat mengatur dan mengelolah organisasi dengan baik maka kesuksesan yang akan di dapat dalam berorganisasi.
    Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
    Nama : Elda Chintia
    Prodi : MPI A
    semester : III

    "MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI"

    secara umum, organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu yang mustahil dicapai apabila dilakukan secara individual. Dalam organisasi peran manusia sangat penting didalamnya peran-peran tersebut dijalankan sesuai koridor aturan bersama dan adapula yang dilandaskan pada kepentingan individual.

    Perilaku organisasi memiliki kajian yang sangat luas, dengan kata lain kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas pribadi manusia, organisasi yang dinamis dibangun diatas pemahaman tentang dimensi manusi. Manusia membutuhkan organisasi sebagai wadah bagi mereka untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda. Organisasi juga tidak dapat lepas dari manajemen, karena manajemen merupakan bagian dari organisasi yang digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan.

    Sekian
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

    BalasHapus
  9. Nama : Karwati
    Nim : 19010103007
    Prodi : MPI/A
    Semester : III

    " Manusia sebagai inti organisasi"
    Dalam artikel diatas yang telah saya baca manusia didalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi, maka organisasi dapat dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual. Pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ad dalam organisasi yaitu orang (dua atau lebih) , tujuan besar/bersama, dan kerja sama.
    Perilaku organisasi memiliki kajian yang sangat luas, yang juga merupakan gambaran betapa luasnya dimensi pribadi manusia. Dengan kata lain, kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas pribadi manusia. Organisasi yang dinamis dibangun diatas pemahaman tentang dimensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis berasal dari ketidakmengertian tentang manusia.

    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu

    BalasHapus
  10. Nama: Ernawati
    Nim : 19010103025
    Kelas:MPI A
    Semester:III

    *Perilaku organisasi memiliki kajian yang sangat luas.* Perilaku di dalam organisasi berasal dari dua sumber yaitu individu dan kelompok. Perilaku merupakan suatu fungsi dari interaksi antara individu dengan lingkungannya. Sedangkan kelompok merupakan dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung, bergabung untuk mencapai sasaran.
    Kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas pribadi manusia. Organisasi yang diNamis di bangun atas pemahaman tentang di mensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis karena berangkat dari ketidak mengertian tentang manusia. Manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting nya ketahanan maupun kehancuran organisasi. Kempuan seseoran,apalagi pemimpin mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan sukses ber organisasi.


    *Manusia sebagai inti organisasi,* terbagi menjadi dua kelompok yakni sisi individual dan sisi kelompok. Dimana pada sisi _individual_ berperan sebagai suatu fungsi dari interaksi antara individu dan lingkungannya. Individu membawa tatanan dalam organisasi berupa: kemampuan, kepercayaan pribadi pengharapan, kebutuhan dan pengalaman masa lainNya, serta sebagaimana jauh dalam persepsi dan pengambilan keputusan individual.
    Sedangkan pada sisi _kelompok_ dibedakan atas dasar sebagai faktor seperti keahlian, sikap agresif, kekuasaan, dan status. Setiap posisi dalam struktur kelompok mempunyai suatu peranan terkait yang terdiri dari berbagai perilaku yang di harapkan dari pemegang posisi tersebut.

    BalasHapus
  11. Nama: Neli Hastuti
    NIM: 19010103011
    Semester: 3

    Perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkanh laku mansia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu, ia meliputi aspek yang telah ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia demikian pula aspek yang ditimbulkan dai pengaruh manusia terhadap organisasi. Organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual.
    Perilaku organisasi sisi individual Manusia merupkan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani. Beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah: Keragaman (diversity), Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction), Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods), Kepribadian dan Nilai (Personality and Values), Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making), Motivasi (Motivation). Sedangkan sisi kelompok manusia Sebagai makhluk sosial, terlebih dalam pergaulannya di dalam organisasi atau kelompok. Oleh karena itu, seseorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok, antara lain: Tim Kerja (Work Teams), Komunikasi (Communication), Kepemimpinan (Leadership), Politik dan Kekuasaan (Power and Politics), Konflik dan Negosiasi (Conflict and Negotiation), Struktur Organisasi (Organization Structure), Budaya Organisasi (Organizational Culture).

    BalasHapus
  12. Bissmillah
    Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    Nama : Ernawati
    NIM : 19010103016
    Prodi : MPI. A

    saya aka memberikan ulasan mengenai artikel 'MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI'
    Organisasi merupakan suatu bentuk kerja sama dua orang atau lebih. Yang mana tujuan tersebut merupakan hal yang telah mereka rencanakan sebelumnya. Tidak dapat dikatakan organisasi jika di dalamnya hanya terdapat satu orang saja.
    Lalu mengapa manusia dikatakan sebagai inti dari organisasi? Karena walapun saat ini organisaai telah mengalami diversivikasi dan spesifikasi, namun peran manusia masih sangat menentukan keberhasilan organisasi tersebut. Selain itu, manusia dalam organisasi juga menjadi penyumbang penting yang menentukan ketahanan dan keruntuhan organisasi tersebut. Hal itu karena manusialah yang menjadi pemimpin di dalam organisasi tersebut. Jadi manusialah yang akan menjadi penentu keberhasilan organisasi tersebut.
    Terimakasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  13. Nama:nengsih kurniawati
    Nim:19010103018
    Kelas:MPI A
    Semester: 3
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ulasan mengenai artikel manusia sebagai inti organisasi
    Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kerjasama antara dua orang atau pun lebih untuk mencapai tujuan tertentu yang ingin dicapai yang mustahil untuk dicapai jika dilakukan secara individual.dalam hal ini organisasi memiliki tiga komponen yaitu: orang (dua atau lebih ), tujuan besar/bersama, dan kerjasama.dalam hal ini manusia didalam organisasi menjadi penyambung penting ketahanan maupun kehancuran organisasi tersebut.

    Dalam sisi individual manusia merupakan mahluk yang kompleks, beragam memiliki dimensi jasmani dan rohani.karena sisi individual tersebut tidak dapat dihindari dalam kiprahnya. Sedangkan sisi kelompok sebagai mahluk sosial, terlebih dalam pergaulannya didalam organisasi.karakteristik dari pergaulan kelompok adalah interaksi dan saling ketergantungan antara dua orang atau lebih.

    Sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    BalasHapus
  14. Nama:SRI FILDAYATI
    Nim : 19010103033
    Kelas: MPI
    assalamualaikum Wr.Wb
    materi tentang ulasan diatas yaitu:

    Manusia didalam organisasi menjadi penyumbang utama dalam mendirikan sebuah organisasi yang baik juga menjadi peran penting dalam aktivitas berjalannya suatu organisasi untuk saling mempererat kerjasama yang baik antara individu satu dan yang lainnya.
    Dalam suatu organisasi sangatlah dibutuhkan kerjasama yang baik antara individu satu dan yang lainnya, ketika dalam sebuah organisasi tidak ada kerjasama antara individu satu dan individu lainnya maka organisasi tersebut tidak akan sesuai dengan apa yang kita harapkan maka disinilah kita lebih paham akan organisasi yang baik, dalam pembentukan suatu organisasi tombak utama yang harus dimiliki setiap organisasi yaitu kerjasama yang baik untuk terus mewujudkan kesuksesan masa depan untuk organisasi tersebut.
    trimakasi
    wasalamualaiku warohmatullahi wabarokatu

    BalasHapus
  15. Nama : Syafrianto
    Prodi : MPI A
    NIM : 16010103035
    Semester : IX
    Bismillah Assalamu'alaikum warahmatullahi waborakatuh pak maaf mengganggu saya boleh bertanya tenteng budaya dalam sebuah organisasi, dalam sebuah organisasi untuk menjadikan sebuah anggota atau karyawan dalam organisasi bisa bekerja sama dan berjalan satu arah, hal apa saja yg bisa dilakukan leader atau pemimpin organisasi bisa membuat anggota atau karyawannya bisa bekerjasama

    BalasHapus
  16. Nama : Umi Fauziah
    NIM : 19010103020
    Prodi : MPI A
    Semester : 3

    Ulasan :
    Organisasi merupakan kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi terbentuk dari tiga komponen utama yaitu orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama, dan kerjasama. Manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi.
    Di dalam organisasi terdapat dua sisi yaitu sisi individual dan sisi kelompok. Sisi Individual : Beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah: Keragaman, Sikap dan Kepuasan Kerja, Emosi dan Suasanan Hati, Kepribadian dan Nilai, Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual, Motivasi. Sisi Kelompok : seseorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok, antara lain: Tim Kerja, Komunikasi, Kepemimpinan, Politik dan Kekuasaan, Konflik dan Negosiasi, Struktur Organisasi, dan Budaya Organisasi.

    BalasHapus
  17. Fittri Ayu Wulandari 19010103028
    MPI A sems 3

    MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI
    Dalam organisasi / kelompok manusia adalah mahluk sosial terlebih dalam pergaulannya di dalam organisasi atau kelompok. kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas pribadi manusia. Organisasi yang dinamis dibangun di atas pemahaman tentang dimensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis karena berangkat dari ketidak mengertian tentang manusia. Karakteristik dari pergaulan kelompok adalah interaksi dan saling ketergantungan antara dua orang atau lebih manusia sebagai aspek kepemimpinan dan tim kerja merupakan aspek yang paling penting dan sangatlah berpengaruh untuk sebuah organisasi ketahanan atau kehamcuran sebuah organisasi atau kelompok di tentukan oleh kepemimpinan dan tim kerja.

    BalasHapus
  18. Nama : Dina yusyanti
    Nim :19010103006
    Semester :3

    Ulasan Manusia Sebagai Inti Organisasi

    Organisasi merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang melakukan kerjasama yang berarti bahwa orang-orang yang memiliki kapasitas berbeda tetapi saling membantu dalam proses mencapai tujuan bersama.
    Demikian pula dikatakan organisasi, seseorang tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus melibatkan orang lain untuk saling bekerjasama dalam suatu ikatan baik dalam ikatan fisik, tempat kerja yang sama, maupun dalam suatu jaringan kerja, dengan kata lain salah satu persyaratan agar sebuah entitas sosial di sebut organisasi adalah harus beranggotakan agar saling bekerjasama,dan melakukan pembagian kerja untuk mencapai tujuan bersama.

    BalasHapus
  19. Nama : Dina yusyanti
    Nim :19010103006
    Semester :3

    Ulasan Manusia Sebagai Inti Organisasi

    Organisasi merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang melakukan kerjasama yang berarti bahwa orang-orang yang memiliki kapasitas berbeda tetapi saling membantu dalam proses mencapai tujuan bersama.
    Demikian pula dikatakan organisasi, seseorang tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus melibatkan orang lain untuk saling bekerjasama dalam suatu ikatan baik dalam ikatan fisik, tempat kerja yang sama, maupun dalam suatu jaringan kerja, dengan kata lain salah satu persyaratan agar sebuah entitas sosial di sebut organisasi adalah harus beranggotakan agar saling bekerjasama,dan melakukan pembagian kerja untuk mencapai tujuan bersama.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama :Ernawati
    Nim :19010103030
    Prodi :MPI/A

    Menurut saya dalam artikel tersebut penulis menyampaikan bahwa ada tiga komponen yang penting dan mesti ada dalam suatu organisasi. Dimana tiga komponen ini antara lain: orang ( dua atau lebih), tujuan besar/ bersama, dan yang terakhir kerjasama. Dimana dalam tiga komponen ini memiliki kaitan yang sangat erat satu sma lain.

    Dalam artikel ini pula penulis menyampaikan sisi-sisi penting dalam organisasi dimana sisi yang pertama yaitu sisi individu atau manusia, dalam sisi ini terdapat aspek yang penting yang perlu dipahami yaitu sangat pentingnya keragaman, sikap dan kepuasan kerja, emosi dan suasana hati,kepribadian dan nilai, serta perspektif dalam pengambilan nilai. Yang sisi kedua yaitu sisi kelompok atau sebagai makhluk sosial dalam sisi ini mesti memahami anatomi kelompok, antara lain:Tim Kerja,Komunikasi,Kepemimpinan,Politik dan Kekuasaan,Konflik dan Negosiasi,Struktur Organisasi, Budaya Organisasi

    Terimakasih

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama:Erna
    Nim:19010103005
    Prodi/Kelas: Manajemen Pendidikan Islam/A
    Semester:3

    Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Adapun Ulasan saya mengenai artikel di atas mengandung isi yang sangat bermanfaat bagi kami,dimana telah dijelaskan secara umum bahwa organisasi adalah kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.Setiap organisasi mesti memiliki tiga komponen yaitu: Orang (dua atau lebih), tujuan bersama dan kerja sama.Dua bekerjasama tanpa tujuan,atau dua orang memiliki tujuan bersama tanpa kerja sama,maka hal itu tidaklah dapat membentuk organisasi.karena ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling ketergantungan

    perilaku organisasi memiliki kajian yang sangat luas,yang juga merupakan gambaran betapa luasnya dimensi pribadi manusia.Dengan kata lain kehidupan organisasi adalah cerminan kompleksitas manusia.Jadi organisasi yang dinamis dibangun di atas pemahaman tentang dimensi manusia . Begitupun sebaliknya organisasi yang statis berangkat dari ketidak mengertian tentang manusia.

    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum pak🙏
    Nama:Nurmelia nabila
    Nim:19010103013
    Kls:A
    Prodi:Mpi
    Semester:III


    organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi. Kemampuan seseorang, apalagi pemimpin, mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan suskses berorganisasi.

    Organisasi juga memiliki beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah:

    1. Keragaman (diversity)

    2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)

    3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)

    4. Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)

    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)

    6. Motivasi (Motivation)


    yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok, antara lain:

    1. Tim Kerja (Work Teams)

    2. Komunikasi (Communication)

    3. Kepemimpinan (Leadership)

    4. Politik dan Kekuasaan (Power and Politics)

    5. Konflik dan Negosiasi (Conflict and Negotiation)

    6. Struktur Organisasi (Organization Structure)

    7. Budaya Organisasi (Organizational Culture)

    Jadi Organisasi yang dinamis dibangun di atas pemahaman tentang dimensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis karena berangkat dari ketidakmengertian tentang manusia.


    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  26. Nama : Siti Lathifa Mas'ad Al-Qadri
    NIM : 19010103003
    Prodi/kelas : MPI/A
    Semester : III

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
    Saya akan memberikan ulasan saya mengenai blog tentang "Manusia Sebagai Inti Organisasi".

    Manusia didalam organisasi menjadi hal penting untuk ketahanan dan kehancuran dari sebuah organisasi. Sebagaimana yang kita tahu bahwa organisasi adalah sebuah kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang tidak dapat dicapai secara individual. Ada 3 komponen yang harus ada dalam sebuah organisasi yaitu : orang (dua atau lebih), tujuan bersama dan kerjasama.

    Manusia sendiri memiliki sisi individual yang tidak dapat di hindari dalam kaprahnya sebagai anggota atau pemimpin dalam suatu organisasi.
    Beberapa aspeknya yaitu : keragaman, sikap dan kepuasan kerja, emosi dan suasana hati, kepribadian dan nilai, persepsi dan pengambilan keputusan individual, dan motivasi. Jika memiliki sisi individual, manusia memiliki sisi kelompok sebagai makhluk sosial. Seorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok yaitu : tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, politik dan kekuasaan, konflik dan negosiasi struktur organisasi, dan budaya organisasi.

    Demikian ulasan saya. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

    BalasHapus
  27. Nama : NUR SAFIKA
    Nim : 19010103012
    Prodi : Manajemen Pendidikan Islam
    Kelas : A
    Semester : 3

    Bismillahirrahmanirrahim
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Saya akan memberikan ulasan dari artikel yang berjudul " MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI"
    Pada dasarnya, semua manusia berorganisasi. Dilihat dari contoh kecilnya yaitu Keluarga, karena dalam keluarga telah memenuhi 3 komponen yang mesti ada dalam dalam organisasi yaitu, orang ( suami, istri dan anak ), tujuan besar/bersama ( menjalankan kehidupan bahagia bersama-sama ) dan kerjasama ( suami mencari nafkah, istri mengurus rumah tangga ).
    Dalam organisasi, manusia menjadi unsur yang sangat vital perannya. Karena manusia menjadi penentu dalam keberlangsungan suatu organisasi. Dalam menjalan organisasi manusia antara satu dan yang lain berbeda cara dalam menjalankan suatu organisasi, ada yang sesuai dengan koridor aturan bersama dan adapula yang dilandaskan pada kepentingan-kepentingan individual mereka. Sehingga, sikap dan cara menjalankan organisasi oleh manusia menjadi penentu keberlangsungan organisasi. Dengan demikian, manusia dalam berorganisasi menjadi penyumbang ketahanan maupun kehancuran organisasi. Seorang pemimpin dalam suatu organisasi harus mampu menjadikan sisi kolektif sebagai yang terdepan dalam mengolah organisasi, agar orhaniorga tersebut menjadi sukses dan bertahan. Namun, apabila seorang pemimpin dalam organisasi mengedepankan keoenkepent pribadi didalamnya, maka dapat dipastikan hal tersebut menjadikan suatu organisasi sulit berkembang dan bahkan mengalami kebanhkebang.
    Manusia memiliki dua sisi yang tidak bisa lepas dalam kehidupannya, bahkan dalam berorganisasi sekalipun. Sisi pertama yaitu sisi individual, dimana manusia sebagai makhluk yang komplkk dan beradam serta memiliki dimensi jasmani dan orhani dengan beberapa aspek penting. Dipahami dalam konteks ini adalah keragaman, sikap dan kepuasan kerja, emoas dan suasana hati, kepribadian dan nilai, persepsi dan pengambilan keputusan individual, dan motivasi. Adapun sisi yang kedua yaitu sisi kelompok, dimana manusia sebagai makhluk sosial, terlebih dalam organisasi atau kelompok. Karakteristik dari pergaulan kelompok adalah interaksi dan ketergantungan antara dua orang atau lebih. Sehingga, seseorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok yaitu, tim kerja, komunikasi, kepemimpinan, politik dan kekuasaan, konflik dan negosiasi, struktur organisasi, dan budaya organisasi.
    Oleh sebabnya, organisasi yang dinamis dibangun di atas pemahaman tentang dimensi manusia, sebaliknya organisasi yang statis karena berangkat dari ketidakmengertian tentang manusia.


    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    BalasHapus
  28. Nama: Widyah R.N
    Nim: 19010103026
    Prodi: MPI/ A
    Semester: 3
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Baik saya akan memberikan ulasan artikel yang telah saya baca yaitu "MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI"

    Organisasi di pahami Sebagai kerja sama dua atau lebih Sisi Individual Sikap dan Suasana Hati Kepribadian nilai persepsi dan Pengambilan Keputusan motivasi
    Sisi kelompok
    Seseorang yang hidup Dalam kelompok tim kerja (work time)
    Komunitas
    Politik
    Konflik
    Struktur
    Budaya

    Terima kasih

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Nama : Lisa Susanti
    Nim : 19010103015
    Prodi. : MPI -A
    Semester : III (3)
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ulasan mengenai artikel MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI
    Secara umum telah kita ketahui organisasi dapat di pahami sebagai kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.
    Dengan demikian mengapa manusia dikatakan inti dalam organisasi ? Karena, walaupun saat ini organisasi mengalami diversifikasi dan spesifikasi,tetapi peran manusia sangatlah penting untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati bersama,tetapi manusia juga dapat mengaburkan organisasi dengan cara lebih mendominasi kepentingan pribadi akan membawa organisasi pada posisi sulit berkembang atau bahkan mengalami kebangkrutan .
    Terimakasih
    Waalaikumusalam warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  31. Nama : Cucun Ekawati
    Nim : 19010103010
    Prodi : MPI/A
    Semester : 3

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Secara umum, organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual, pada pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu: orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama, dan kerjasama, dalam praktiknya, organisasi mengalami diversifikasi dan spesifikasi, namun peran manusia tetap sangat menentukan di dalamnya. Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi.
    Manusia sebagai inti organisasi dapat dilihat dari dua sisi yaitu:
    • Sisi Individual Manusia merupakan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani. Sisi individual terdiri dari beberapa aspek yaitu:
    1. Keragaman (diversity)
    2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)
    3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)
    4. Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)
    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)
    6. Motivasi (Motivation)
    • Sisi Kelompok Manusia sebagai makhluk sosial, terlebih dalam pergaulannya di dalam organisasi atau kelompok. Sisi kelompok terdiri dari beberapa anatomi kelompok, yaitu:
    1. Tim Kerja (Work Teams)
    2. Komunikasi (Communication)
    3. Kepemimpinan (Leadership)
    4. Politik dan Kekuasaan (Power and Politics)
    5. Konflik dan Negosiasi (Conflict and Negotiation)
    6. Struktur Organisasi (Organization Structure)
    7. Budaya Organisasi (Organizational Culture)

    Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    BalasHapus
  32. Nama:Ajeng Tjitawira Pratiwi
    Nim:19010103017
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Ulasan manusia sebagai inti organisasi secara umum organisasi sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang mustahil di capai jika dilakukan secara individual. Ada tiga komponen yang ada di dalam organisasi yaitu orang dua atau lebih, tujian besar/berasama,dan kerjasama.
    Di dalam organisasi juga sangat penting bagi pemimpin jika mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi dan akan berdampak sukses begitu pula sebaliknya jika pemimpin lebih mengedepankan kepentingan pribadi makan organisasi akan sulit berkembang.

    BalasHapus


  33. Secara umum, organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual. Pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu: orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama, dan kerjasama. Dua orang bekerjasama tanpa tujuan, atau dua orang memiliki tujuan bersama tanpa kerjasama, maka hal itu tidaklah dapat membentuk organisasi.

    Dalam praktiknya, organisasi dewasa ini mengalami diversifikasi dan spesifikasi, tetapi peran manusia tetap sangat menentukan di dalamnya. Peran-peran tersebut ada yang dijalankan sesuai koridor aturan bersama dan adapula yang dilandaskan pada kepentingan-kepentingan individual. Praktik demikian menjadi penentu kesuksesan suatu organisasi di masa-masa mendatang.

    Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi. Kemampuan seseorang, apalagi pemimpin, mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan suskses berorganisasi. Sebaliknya, dominasi kepentingan pribadi akan membawa suatu organisasi pada posisi sulit berkembang, atau bahkan mengalami kebangkrutan.



    Sisi Individual

    Manusia merupkan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani. Karenanya sisi-sisi individual tersebut tidak dapat dihindari dalam kiprahnya sebagai anggota ataupun pimpinan organisasi. Beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah:

    1. Keragaman (diversity)

    2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)

    3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)

    4. Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)

    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)

    6. Motivasi (Motivation)

    BalasHapus
  34. Nama:nia mawarni
    Nim : 19010103023
    Prodi/kls : MPI/A
    Semester : 3 (tiga)

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
    Ulasan saya mengenai (manusia sebagai inti organisasi)

    Organisasi merupakan kumpulan dari beberapa anggota untuk mendapatkan satu tujuan. Dalam oraganisasi juga sangat penting menumbuhkan kerja sama kelompok, dan saling menghargai pendapat setiap masing-masing anggota.

    Dalam organisasi juga sangat sangat membantu kehidupan beraosial,Ciri-ciri organisasi masa depan sudah banyak diketahui saat ini. Namun yang kurang adalah kontrak “sosial masa depan” yang akan memotivasiorang untuk bekerja dalam organisasi tersebut. Banyak organisasi mencari manajer yang mampu memecahkan masalah dan berinisiatif,yang selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kepuasankepada para pelanggan.

    Demikian ulasan saya. Terimakasih banyak
    Mohon maaf apabila ada kata kurang jelas,
    Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
  35. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,
    saya atas nama SARLINA (19010103034)MPI A semester 3,
    berikut ulasan saya:
    Secara umum, organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual. Pengertian ini menegaskan bahwa ada tiga komponen yang mesti ada dalam organisasi yaitu: orang (dua atau lebih), tujuan besar/bersama, dan kerjasama. Dua orang bekerjasama tanpa tujuan, atau dua orang memiliki tujuan bersama tanpa kerjasama, maka hal itu tidaklah dapat membentuk organisasi.

    Dalam praktiknya, organisasi dewasa ini mengalami diversifikasi dan spesifikasi, tetapi peran manusia tetap sangat menentukan di dalamnya. Peran-peran tersebut ada yang dijalankan sesuai koridor aturan bersama dan adapula yang dilandaskan pada kepentingan-kepentingan individual. Praktik demikian menjadi penentu kesuksesan suatu organisasi di masa-masa mendatang.

    Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi. Kemampuan seseorang, apalagi pemimpin, mengedepankan sisi kolektif dalam mengelola organisasi akan berdampak pada ketahanan dan bahkan suskses berorganisasi. Sebaliknya, dominasi kepentingan pribadi akan membawa suatu organisasi pada posisi sulit berkembang, atau bahkan mengalami kebangkrutan.



    Sisi Individual

    Manusia merupkan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani. Karenanya sisi-sisi individual tersebut tidak dapat dihindari dalam kiprahnya sebagai anggota ataupun pimpinan organisasi. Beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah:

    1. Keragaman (diversity)

    2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)

    3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)

    4. Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)

    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)

    6. Motivasi (Motivation)

    BalasHapus
  36. Nama : Resti Angrawati
    NIM :19010103050
    Prodi / Kelas : MPI / B
    Semester : III
    “MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI”
    Dalam artikel di atas yang suda saya baca organisasi dipahami sebagai kerjasama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu, yang mustahil dicapai jika dilakukan secara individual. Dua orang bekerjasama tanpa tujuan, atau dua orang memiliki tujuan bersama tanpa kerjasama, maka hal itu tidaklah dapat membentuk organisasi. Dengan demikian, manusia di dalam organisasi menjadi penyumbang penting ketahanan maupun kehancuran organisasi
    Dapat di lihat dari Sisi Individual yaitu Manusia merupkan makhluk yang kompleks, beragam, memiliki dimensi jasmani dan rohani.
    Dan ada beberapa aspek yang penting dipahami dalam konteks ini adalah:
    1. Keragaman (diversity)
    2. Sikap dan Kepuasan Kerja (Attitudes and Job Satisfaction)
    3. Emosi dan Suasanan Hati (Emotions and Moods)
    4. Kepribadian dan Nilai (Personality and Values)
    5. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individual (Perception and Individual Decision Making)
    6. Motivasi (Motivation)
    Sedangkan di Sisi Kelompok yaitu Sebagai makhluk sosial, terlebih dalam pergaulannya di dalam organisasi atau kelompok.
    seseorang yang hidup dalam kelompok mesti memahami anatomi kelompok, antara lain:
    1. Tim Kerja (Work Teams)
    2. Komunikasi (Communication)
    3. Kepemimpinan (Leadership)
    4. Politik dan Kekuasaan (Power and Politics)
    5. Konflik dan Negosiasi (Conflict and Negotiation)
    6. Struktur Organisasi (Organization Structure)
    7. Budaya Organisasi (Organizational Culture)

    BalasHapus
  37. Nama :Zulisah
    Nim : 18010103039
    Semester :V

    Menurut saya manusia sebagai anti organisasi yaitu Ciri-ciri organisasi masa depan sudah banyak diketahui saat ini. Namun yang kurang adalah kontrak  “sosial masa depan” yang akan memotivasiorang untuk bekerja dalam organisasi tersebut. Banyak organisasimencari manajer yang mampu memecahkan masalah dan berinisiatif,yang selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan. 

    Namun sebaliknya,banyak perusahaan tidak berusaha semaksimal mungkin untuk berinvestasi bagi para pegawai dan masa depan mereka! Pergeseran dari pekerjaan dengan menggunakan tangan yang membutuhkan pengarahan, ke pekerjaan berpengatahuan yang relatiflebih sedikit membutuhkan pengarahan, meyebabkan komitmen seorang pekerja menjadi lebih penting." 

    BalasHapus

Posting Komentar