PANDANGAN DASAR TENTANG PENELITIAN KUALITATIF

BAHAN KULIAH METODE PENELITIAN KUALITATIF (1)

Prodi PAI Kelas C Semester V  

Pendahuluan

Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta. Dalam konteks ini, secara ilmiah manusia terbelah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama memandang gejala semesta atau realitas sebagai sesuatu yang bersifat tunggal, statis, dan konkrit. Kelompok ini berangkat dari cara pandang positivisme. Adapun kelompok yang kedua melihat semesta secara holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Kelompok ini mendasarkan pemahamannya menurut cara pandang postpositivisme (Sugiyono, 2005).

Paradigma postivisme mengembangkan metode penelitian kuantitatif, sedangkan postpositivisme mengembangkan metode penelitian kualitatif. Dalam perkembangannya, kedua metode penelitian ini lebih banyak dipertentangkan, diposisikan secara berhadapan, bahkan beberapa kalangan memisahkannya secara ekstrim. Namun demikian, beberapa kalangan ilmuwan berupaya melakukan kompromi atas kedua pendekatan tersebut, misalnya melalui penelitian campuran  atau mixed research (Creswell, 2010).

Pada artikel ini hanya menjelaskan pandangan dasar tentang penelitian kualitatif, yang juga merupakan metode penelitian naturalistik karena dilakukan pada latar alamiah (natural setting). Disebut demikian karena awalnya metode ini dilakukan dalam bidang antropologi budaya yang menghasilkan data kualitatif, setelah melalui analisis data yang bersifat kualitatif pula (Sugiyono, 2005).

 

Memahami Gejala Semesta

Metode penelitian kualitatif memahami gejala/fenomena/realitas sebagai sesuatu yang utuh, menyeluruh, bukan bagian-bagian, berproses secara dinamis, tidak berhenti pada fakta yang konkrit saja tetapi lebih penting lagi adalah makna (Moleong, 2007). Karenannya, dalam proses pengumpulan data yang menggunakan teknik pengamatan peran serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview), peneliti berperan sebagai human instrument yang secara terus-menerus berinteraksi dengan sumber data atau informan (Spradley, 1980).

Interaksi secara terus-menerus antara peneliti dengan sumber data, disamping untuk mendapatkan informasi yang luas, lebih utama adalah kedalaman informasi, sehingga dapat dipahami makna dari sebuah peristiwa. Karenanya penelitian kualitatif lebih fokus para kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna (small but significant).

Mendapatkan data yang bermakna membutuhkan waktu yang cukup banyak bagi peneliti. Ketika tiba di lapangan, peneliti tidak dengan mudah mendapatkan data yang diinginkan. Peneliti perlu mendekatkan diri dengan situasi sosial (social situation) yang meliputi orang, aktifitas, dan tempat. Karena itu, peneliti harus dapat beradaptasi dengan lingkungan, menghargai karakteristik masyarakat yang diteliti seperti latar belakang, nilai-nilai, persepsi dan sebagainya (Sugiyono, 2005). Peneliti harus rela menanggalkan segala pandangan dan pengetahuan pribadi dan selanjutnya melebur dalam setting penelitian (verstehen) (Moleong, 2007).

 

Penutup

Berdasarkan paparan singkat di atas, dapat disebutkan ciri-ciri penelitian kualitatif, yaitu: 1) dilakukan pada kondisi alamiah; 2) bersifat deskriptif; 3) menekankan proses; 4) analisis secara induktif; dan 5) menekankan makna.

 

Referensi 

James P. Spradley, Participant Observation, USA: Holt, Rinehart & Winston, 1980

Jhon W. Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Lexy J. Moleng, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007 

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2005

   

 


Komentar

  1. Assalamu'alaikum pak, saya Gusmin/18010101078
    Dari penelitian kualitatif bahwa cara ilmiah untuk memperoleh data dari hasil pengujian,menemukan dan mengembangkan. Nah di dalam penelitian ini, bagaimana kita bisa memastikan dari ciri-ciri penelitian ini untuk merealisasikan di lingkungan masyarakat.?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum pak, saya Gusmin/18010101078
    Dari penelitian kualitatif bahwa cara ilmiah untuk memperoleh data dari hasil pengujian,menemukan dan mengembangkan. Nah di dalam penelitian ini, bagaimana kita bisa memastikan dari ciri-ciri penelitian ini untuk merealisasikan di lingkungan masyarakat.?

    BalasHapus
  3. Nama : Muhammad Istighfar
    NIM : 18010101110
    Prodi : PAI/C 5

    Ulasan :
    Penelitian secara umum adalah sebagai kegiatan pencarian kembali atau mencari hal-hal yang berkaitan dengan ilmu
    Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta.
    Metode Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Perbedaannya dengan penelitian kuantitatif adalah penelitian ini berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori.

    tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya.
    kedalaman dan detail suatu data yang diteliti.Pada penelitian kualitatif, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut.
    Anggapan yang mendasari metode jenis kualitatif adalah bahwa kenyataan sebagai suatu yang berdimensi jamak, kesatuan, dan berubah-ubah (Nana Sudjana dan Ibrahim, 2001: 7). Oleh karena itu tidak mungkin dapat disusun rancangan penelitian yang terinci dan fixed sebelumnya. Rancangan penelitian berkembang selama proses penelitian berlangsung.

    BalasHapus
  4. Nama:Indriani
    Nim:18010101090
    Prodi:Pai C
    Semester V

    Ulasan saya tentang metode penelitian kuantitatif adalah memahami gejala/fenomena/realitas sebagai sesuatu yang utuh,menyeluruh,bukan bagian-bagian,berproses secara dinamis,tidak berhenti pada fakta yang konkrit saja tetapi lebih penting lagi adalah makna(moleong,2007).
    Karenanya penelitian kuantitatif lebih fokus pada kejadian-kejadian unik,spesifik tapi memiliki makna(Small but significant).

    BalasHapus
  5. Nama : Estin Saputri
    Nim. : 18010101091
    Prodi : PAI/C5
    Ulasan:
    Adapun penelitian umumnya ialah mencari atau menggali kembali suatu ilmu dan atau pengetahuan, yang perlu di uji kembali kepastiannya.
    Penelitian kualitatif jauh lebih subjektif dari pada penelitian atau survei kuantitatif, yang dimana kualitatif sifatnya yang pleksibel dia dapat dibedakan sedangkan kuantitatif sifatnya yang tidak bisa diukur tetapi bisa di kelompokan.


    Menurut Rachmat Kriyantono, tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat secara mendalam dengan mengumpulkan data secara mendalam dan lengkap. Hal ini menunjukkan bahwa dalam riset ini kelengkapan dan kedalaman data yang diteliti merupakan sesuatu yang sangat penting. Nah, adapun menurut saya tujuan dari pada penelitian kualitatif itu adalah suatu informasi yang di cari untuk dijelaskan dengan berbagai fenomena alam yang diteliti.

    BalasHapus
  6. Nama:Parwati
    Nim:18010101079
    Prodi:PAI/c 5


    Ulasan:

    Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

    Perbedaan yang paling mendasar antara metode kualitatif dan kuantitatif adalah alur teori serta data. Di dalam penelitian kuantitatif, penelitian bermula dari teori yang dibuktikan dengan data lapangan. Sebaliknya, di dalam metode kualitatif, penelitian berangkat dari data lapangan dan menggunakan teori yang sudah ada sebagai pendukung, kemudian hasilnya akan memunculkan teori dari data-data tersebut.Ada lima tahap bagi para peneliti jika ingin melakukan penelitian jenis kualitatif, yaitu:

    1.Mengangkat permasalahan.
    2.Memunculkan pertanyaan penelitian.
    3.Mengumpulkan data yang relevan.
    4.Melakukan analisis data.
    5.Menjawab pertayaan penelitian.

    BalasHapus
  7. Assalaamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
    Nama : Fenti Asribun
    Nim : 18010101081
    Kelas : PAI. C
    Semester : V (Lima)
    Ulasan mengenai materi hari ini

    Mengulas sedikit mengenai metode penelitian. Metode penelitian sperti yang kita ketahui bersama terbagi menjadi dua yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Di antara dua metode penelitian tersebut, metode kuantitatif merupakan metode yang lebih banyak digunakan, dibandingkan dengan metode kualitatif. Dengan kata lain, metode penelitian kuantitatif lebih populer dibandingkan dengan metode penelitian kualitatif.

    Namun demikian, Chua (1986) menyatakan bahwa metode kuantitatif yang menekankan pada hipotesis-deduktif memiliki keterbatasan dalam menjangkau permasalahan yang diteliti. Dengan keterbatasan tersebut, diperlukan adanya metode alternatif yang bisa menjawab pertanyaan-pernyataan yang tidak bisa dijawab dengan metode penelitian kuantitatif. Metode tersebut adalah metode kualitatif.

    Seiring dengan perkembangan jaman, khususnya dalam bidang akuntansi dan manajemen, mulai banyak peneliti yang menggunakan metode kualitatif dan hasil penelitiannya telah diterbitkan pada jurnal akuntansi dan manajemen yang bereputasi baik (Basri, 2014). Hal ini menunjukkan bahwa metode kualitatif mulai mendapatkan perhatian dari para peneliti.

    Ssebagaiaman disebutkan, metode penelitian kualitatif ini menekankan pada pemahaman gejala/fenomena/realitas, maka peneliti perlu membekali dirinya dengan pengetahuan yang memadai terkait permasalahan yang akan ditelitinya.Metode kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Penelitian kualitatif yang memperhatikan humanisme atau individu manusia dan perilaku manusia merupakan jawaban atas kesadaran bahwa semua akibat dari perbuatan manusia terpengaruh pada aspek-aspek internal individu. Aspek internal tersebut seperti kepercayaan, pandangan politik, dan latar belakang sosial dari individu yang bersangkutan. Berbeda dengan penelitian kuantitatif penelitian ini berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama saya Erfan Solihin
    NIM : 16010101109

    Setelah saya membaca artikel ini. Saya mendapatkan pengetahuan baru. Yang dimana penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu diantaranya:
    1. Pengujian
    2. Menemukan, dan
    3. Mengembangkan.

    Kemudian saya pun menjadi tau dalam memahami alam semesta ternyata manusia terbagi menjadi 2 kelompok.
    - Kelompok pertama memandang gejala semesta atau realitas sebagai sesuatu yang bersifat tunggal, statis, dan konkrit yang berasal dari cara pandang positivisme. Sedangkan kelompok yang kedua melihat semesta secara holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna yang berasal dari cara pandang postpositivisme.

    BalasHapus
  10. Nama:Suhartia
    Nim:18010101105
    Prodi:PAI C/5

    Ulasan:

    Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

    Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti.Pada penelitian kualitatif, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut,adapun tujuan yang lain adalah untuk memahami, mencari makna di balik data, untuk menemukan kebenaran, baik kebenaran empiris sensual, empiris logis, dan empiris logis.

    BalasHapus
  11. Nama : Sri Murni
    NIM : 18010101087
    Prodi : PAI/C/5

    Ulasan :
    Dari artikel tersebut dapat diketahui bahwa metode penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok guna untuk memperoleh data yang di inginkan, dengan cara pengujian, menemukan, serta mengembangkan agar memperoleh hasil yang maksimal.
    Terdapat dua paradigma yang dapat mengembangkan penelitian yaitu paradigma postivisme yang mengembangkan metode penelitian kuantitatif dan paradigma postpositivisme mengembangkan metode penelitian kualitatif.

    Dalam melakukan penelitian kualitatif seorang peneliti tidak serta merta meneliti dengan cara seenaknya, tetapi ada aturan-aturan yang harus dipahami oleh peneliti.peneliti harus dapat beradaptasi dengan lingkungan, menghargai karakteristik masyarakat yang diteliti seperti latar belakang, nilai-nilai, persepsi dan sebagainya (Sugiyono, 2005).Metode penelitian kualitatif dilakukan dengan cara memahami peristiwa atau gejala yang akan diteliti dengan cara menyeluruh bukan sebagian-sebagian saja tetapi harus secara utuh. Mendapatkan informasi dengan menggunakan waktu yang cukup banyak, tujuannya untuk mendapatkan informasi yang cukup luas sebagai bahan penelitian.

    BalasHapus
  12. Nama : Hardiman
    NIM. : 17010101133
    Prodi: PAI
    Pandangan Dasar tentang Penelitian Kualitatif
    Metode Penelitian adalah cara memperoleh data untuk tujuan tertentu, meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat diartikan sebagai salah satu cara yang ditempuh oleh manusia dalam memahami gejala semesta.
    Disini pada metode penelitian terbagi dua kelompok, yaitu ada pandangan postivisme yang mengembangkan dengan cara penelitian kuantitatif yang berhubungan dengan angka-angka, sedangkan postpositivisme menggunakan cara kualitatif yaitu berkaitan dengan hasil atau kualitas yang dideskripsikan dengan kata-kata.
    Dalam penelitian kualitatif memerlukan informasi yang mendalam dan teknik yang baik agar memperoleh hasil atau kualitas yang baik ketika akan dideskripsikan nanti kepada penerima materi atau di forum diskusi. Pada penelitian ini lebih memfokuskan pada kejadian-kejadian yang ada disekitar dan unik,lebih spesifik atau mendalami hal-hal yang sedang diteliti, dan memiliki makna yang cukup signifikan agar bisa dipahami oleh yang lain.

    BalasHapus
  13. Nama : Wa Ode Agustina Rahman
    Nim : 18010101097
    Prodi:PAI-C Semester 5


    Ulasan :
    Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta.Metode Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Perbedaannya dengan penelitian kuantitatif adalah penelitian ini berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori.Menurut Sugiyono (2011), metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.


    Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami, mencari makna di balik data, untuk menemukan kebenaran, baik kebenaran empiris sensual, empiris logis, dan empiris logis.Menurut Kriyantono, tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti.Pada penelitian kualitatif, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut. Maka dari segi besarnya responden atau objek penelitian, metode penelitian kualitatif memiliki objek yang lebih sedikit dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, sebab lebih mengedepankan kedalaman data, bukan kuantitas data.

    BalasHapus
  14. Eni Mariyani Kenap
    18010101109
    PAI/C/V

    Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Menurut Moleong (2005:6), penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

    Beberapa poin penting yang perlu dipahami oleh seorang peneliti dalam melakukan penelitian kualitatif adalah Penelitian kualitatif tidak terlalu fokus kepada angka atau nilai dalam pengukuran variabelnya, Penelitian kualitatif tidak melakukan suatu pengujian menggunakan metode statistic, Bersifat elaborasi, peneliti diperbolehkan menggali informasi lebih dalam terhadap objek penelitian dengan tidak bergantung pada pengukuran numerik, dan Lebih tidak terstruktur disbanding penelitian kuantitaif.

    BalasHapus
  15. Nama :Nova triyani
    Nim :18010101096
    Prodi: pendidikan agama islam

    Dalam artikel tersebut metode penelitian kualitatif sebuah metode yg mempelajari suatu fenomena dan suatu reaksi yang diteliti oleh pakar-pakar peneliti sehingga dapat diangkat sebagai suatu metode dalam suatu karya atau kreatifitas

    Dan kedua metode ini dapat diartikan sabagai mengumpulkan data dan pengolaan sampel yg sudah di uji coba dan siap untuk di kembangkan.

    BalasHapus
  16. Nama :Nova triyani
    Nim :18010101096
    Prodi: pendidikan agama islam
    (C/V)


    Dalam artikel tersebut metode penelitian kualitatif sebuah metode yg mempelajari suatu fenomena dan suatu reaksi yang diteliti oleh pakar-pakar peneliti sehingga dapat diangkat sebagai suatu metode dalam suatu karya atau kreatifitas

    Dan kedua metode ini dapat diartikan sabagai mengumpulkan data dan pengolaan sampel yg sudah di uji coba dan siap untuk di kembangkan.

    BalasHapus
  17. Nama : Gusmin
    Nim : 18010101078
    Prodi : Pai/C 5
    Ulasan saya :

    Penelitian kualitatif lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke substansi makna dari tersebut.dan penelitian ini dapat dipahami terpokus pada prosesnya dan pemaknaan hasilnya.

    Serta memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi,tindakan dan lain-lain.olehnya itu semakin mendalam diteliti dan tergali suatu data yang didapatkan,maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut.

    BalasHapus
  18. Nama: Oki safitri
    Nim: 18010101104
    Kelas: PAI C/V

    Ualasan saya mengenai artikel di atas adalah:
    Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta.

    Dalam Metode penelitian kualitatif perhatiannya lebih tertuju dalam memahami gejala/fenomena/realitas sebagai sesuatu yang utuh, menyeluruh, bukan bagian-bagian, berproses secara dinamis, tidak berhenti pada fakta yang konkrit saja tetapi lebih penting lagi adalah makna . Artinya bahwa Interaksi secara terus-menerus antara peneliti dengan sumber data, disamping untuk mendapatkan informasi yang luas, lebih utama adalah kedalaman informasi, sehingga dapat dipahami makna dari sebuah peristiwa. Karena penelitian kualitatif dia lebih fokus para kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna. Oleh karena itu fokus dari penelitian kualitatif adalah pada prosesnya dan pemaknaan hasilnya.

    BalasHapus
  19. Nama:sisi amilia
    Nim :18010101075
    Prodi:PAI/SMESTER 5

    Ulasan:
    Dari artikel diatas, bahwa metode penelitian kualitatif merupakan cara tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi pengujian,menemukan,dan mengembangkan.
    Nah, dalam penelitian kualitatif terdapat pengujian transferbility yaitu merupakan pengujian validitas eksternal,sehingga peneliti dalam pelaporannya harus memberikan rincian yang jelas, sistematis, yang dapat dipercaya. Disini berarti penelitimembuat validitas internalnya valid dengan membuat laporan yang maksimal. Karena peneliti sendiri tidak menjamin 'validitas internal' sendiri.(sugiyono 376-378)

    BalasHapus
  20. Ade Nawang Wulan
    18010101086
    PAI/C/V

    Ulasan:
    Penelitian kualitatif ialah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.
    Di dalam penelitian kuantitatif,penelitian bermula dari teori yang di buktikan dengan data lapangan. Sedangkan di dalam metode kualitatif penelitian berangkat dari data lapangan dan menggunakan teori yang sudah ada sebagai pendukung,kemudian hasilnya akan memunculkan teori dari data-data tersebut.
    Pada penelitian kualitatif semakin mendalam penelitian,dan tergali suatu data yang didapatkan,maka bisa di artikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut. Maka dari segi besarnya responden atau objek penelitian, metode penelitian kualitatif memiliki objek yang lebih sedikit di bandingkan dengan penelitian kuantitatif, sebab lebih mengedepankan kedalaman data bukan kuantitas data.

    BalasHapus
  21. Nama: Wa Ode Nurul Fitri Ramdany
    Nim: 18010101083
    Prodi: PAI C/5

    Metode penilitian merupakan cara ilmiah yang digunakan untuk memperoleh suatu tujuan, yang meliputi pengujian, menemukan dan mengembangkan untuk memproleh hasil yang maksimal.

    Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono, 2005). Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang penelitiannya berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori.

    Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti.

    BalasHapus
  22. Ulasan dari..
    Nama: Nia setianingsih
    Nim:18010101077

    Bismillah.. Alhamdulillah saya telah memabaca artikel yang dikirimkan oleh bapak.,

    Dari artikel ini dapat dijelaskan bahwa metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu yang mengikuti pengujian, menemukan, dan memgembangkan.. metode penelittian ini juga dapat diartikan sebagai salah satu cara yang ditempuh oleh manusia dalam memahami gejala semesta.
    Dari artikel ini saya bisa mengetahui tentang paradighma positivisme yang berarti mengembangkan penelitian kualitatif, sedangkan paradigma postpositivisme adalah mengembangkan metode penelitian kualitatif.
    Metode kuantitatif dan metode kualitatif dapat dibedakan.. metode kuantitatif itu memiliki pandangan dasar yaitu metode naturalistik karena dilakukan pada latar ilmiah, sedangkan metode kualitatif merupakan gejala atau fenomena/realitas sebagai suatu yang utuh atau menyeluruh..
    Penelitian kualitatif juga dapat diartikan sebagai penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.

    Dan perlu kita ketuhui tujuan penelitian kualitatif yaitu untuk memahami, atau mencari data dalam suatu data, untuk menemukan kebenaran, baik kebernaran empiris sensual, empiris logis.
    Metode kualitatif lebih mementingkan kedalaman data, bukan kualitas data.

    Metode penelitian kualitatif memiliki kelebihan yaitu data deskriptif lebih detail dan mendalam. Proses pengumpulan data dilakukan secara fleksibel sesuai dinamika di lapangan. Interaksi dilakukan dengan bahasa partisipan sehari-hari..

    BalasHapus

  23. Nama: Resti anjani putri
    Nim: 18010101111
    Kelas: PAI C
    Semester: V
    Metode penelitian adalah langkah yang dimiliki dan lingkungan oleh peneliti dalan rangka untuk mengumpulkan informasi.
    penelitian kualitatif lebih fokus pada kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna (small but significant). Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif yaitu mengambarkan kondisi yang apa adanya tanpa manipulasi.

    Untuk mendapatkan data penelitian membutuhkan waktu yang banyak peneliti tidak dengan mudah mendapatkan data yang diinginkan. Peneliti perlu mendekatkan diri dengan situasi sosial (social situation) yang meliputi orang, aktifitas, dan tempat. peneliti harus dapat beradaptasi dengan lingkungan, menghargai karakteristik masyarakat yang diteliti seperti latar belakang, nilai-nilai, persepsi dan sebagainya (Sugiyono, 2005). Peneliti harus rela menanggalkan segala pandangan dan pengetahuan pribadi dan selanjutnya melebur dalam setting penelitian (verstehen) (Moleong, 2007).

    BalasHapus
  24. Nama:sisi amilia
    Nim :18010101075
    Prodi:Pai/smester 5

    Ulasan:
    Metode penelitian kualitatif merupakan cara tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi pengujian, menemukan, dan mengembangkan.

    Dalam penwlitian kualitatif terdapat pengujian tranferbility yaitu merupakan pengujian validitas eksternal, sehingga peneliti dalam pelaporannya harus memberikan rincian yang jelas, sistematis, dan dapat dipercaya. Disini berarti peneliti membuat validitas internalnya valid dengan cara membuat laporan yang maksimal. Karena peneliti sendiri tidak menjamin ' validitas internal' sendiri. (Sugiyono 376-378)

    BalasHapus
  25. Nama : Kiki Mutaharoh
    Nim : 18010101100
    Prodi : PAI C/ Semester 5
    Ulasan :

    Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci (Sugiyono,2005). Perbedaan penelitian kuantitatif dengan kualitatif adalah penelitian kualitatif ini berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas dan berakhir dengan sebuah teori.

    Interaksi secara terus-menerus antara peneliti dengan sumber data, disamping untuk mendapatkan informasi yang luas, lebih utama adalah kedalaman informasi, sehingga dapat dipahami makna dari sebuah peristiwa. Karenanya penelitian kualitatif lebih fokus para kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna (small but significant).

    Ciri-ciri penelitian kualitatif yaitu:
    1. Dilakukan pada kondisi alamiah
    2. Bersifat deskriptif
    3. Menekankan proses
    4. Analisis secara induktif
    5. Menekankan makna

    BalasHapus
  26. Nama:Wa Lini
    Nim:18010101080
    Prodi:pai.c/5
    assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Alasan tetkait prespektif penelitian kualitatif

    Suatu ilmu pengetahuan berkembang karna ada rasa keingin tahuanya terhadap sesuatu. Dan dan rasa ingin tahu mondorong agar bisa memberikan hasil yang memuaskan.metode menelitian merupakan cara ilmiah untuk memperoleh tujuanya.

    Dalam penelitain kualitatif bertujuan untuk lebih memhami tetntang gejala,fenomena,realitas yang utuh dan menyeluruh.

    BalasHapus
  27. Nama: Helena Pertiwi / 18010101093
    Kelas: PAI C (Semester 5)

    Metode penelitian adalah cara manusia untuk memperoleh data secara ilmiah untuk tujuan tertentu yang meliputi pengujian, menemukan dan mengembangkan. Secara ilmiah manusia terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama memandang secara positivisme yaitu memandang gejala semesta atau realitas sebagai sesuatu yang bersifat tunggal, statis dan konkrit. Adapun kelompok kedua memandang secara postpositivisme, melihat semesta secara holistik, kompleks, dinamis dan penuh makna. Paradigma positivisme mengembangkan metode penelitian kuantitatif sedangkan Postpositivisme mengembangkan metode penelitian kualitatif.

    Metode penelitian kualitatif memahami gejala/fenomena/realitas sebagai sesuatu yang utuh, menyeluruh, dan bukan bagian-bagian berproses secara dinamis tidak berhenti pada fakta yang konkrit saja tetapi lebih penting lagi adalah makna (Moleong, 2007).
    Metode penelitian kualitatif lebih mengedepankan kedalaman data bukan kuantitas data, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang di dapatkan, maka bisa diartikan bahwa semakin baik pula kualitas penelitian tersebut. Penelitian kualitatif lebih fokus pada kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna (small but significant). Sehingga penelitian kualitatif mempunyai ciri-ciri yaitu:
    1. Dilakukan pada kondisi alamiah
    2. Bersifat deskriptif
    3. Menekankan proses
    4. Analisis secara induktif
    5. Menekankan makna

    BalasHapus
  28. Nama:Rahayu
    Nim:18010101108
    Prodi:PAIc/V

    Metode penelitian adalah langkah yang dimiliki oleh peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi.kejadian unik tetap memiliki makna .penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang menggambarkan kondisi.

    Untuk mendapatkan data penelitian membutuhkan waktu yang lama tidak dengan mudah mendapatkan data yang diinginkan.penelitian harus dapat beraptasi dengan lingkungan ,menghargai karakteristik masyarakat sehari-hari.

    BalasHapus
  29. Nama :Muhammad Amir Ma'ruf
    NIM :18010101098
    Prodi :PAI/C5

    Ulasan:
    Esensi dari metode penelitian digunakan untuk penelitian ilmiah yang mencari kebenaran. Metode Penelitian merupakan cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan (Nasir, 1988). Selanjutnya, secara ekplisit dan luas, Sugiyono (2009:6) menjelaskan bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah utuk mendapatkan data yang valid, degan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan utuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah. 

    Sementara itu, menurut Sugiyono, metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, diukur, atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

    Kemudian, Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat secara mendalam dengan cara mengumpulkan data secara dalam dan lengkap. Dalam penelitian ini kelengkapan dan kedalaman data yang diteliti merupakan suatu yang sangat penting.

    Dalam peneitian kualitatif, apabila dalam penelitian yang dilakukan semakin dalam dan teliti, maka akan semakin baik. Pada umumnya penelitian kualitatif memiliki objek yang lebih sedikit, sehingga dalam penelitiannya lebih fokus pada kedalaman data.

    BalasHapus
  30. Nama : Hervi Nurana Herwati M.
    NIM : 18010101092
    Prodi : PAI
    Semester : 5
    Kelas : C

    ulasan :
    pada artikel diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta. secara ilmiah manusia terbelah menjadi dua kelompok, yaitu Paradigma postivisme mengembangkan metode penelitian kuantitatif, sedangkan postpositivisme mengembangkan metode penelitian kualitatif. Dalam perkembangannya, kedua metode penelitian ini lebih banyak dipertentangkan, diposisikan secara berhadapan, bahkan beberapa kalangan memisahkannya secara ekstrim.

    pada penelitian kualitatif melakukan interaksi secara terus-menerus antara peneliti dengan sumber data, disamping untuk mendapatkan informasi yang luas, maka dari itu mendapatkan data yang bermakna membutuhkan waktu yang cukup banyak bagi peneliti. Ketika tiba di lapangan, peneliti tidak dengan mudah mendapatkan data yang diinginkan. oleh karena itu, hal yang harus dilakukan adalah Peneliti perlu mendekatkan diri dengan situasi sosial (social situation) yang meliputi orang, aktifitas, dan tempat. Karena itu, peneliti harus dapat beradaptasi dengan lingkungan.

    BalasHapus
  31. Nama : yebnu sarira Tommo
    Kelas : Pai C
    Semester: V (lima)
    Prodi: PAI
    Dapat saya uraikan bahwah Metode penelitian kualitatif sering disebut sebagai metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) disebut juga sebagai metode etnography, karena pada awalnya metode ini banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya, disebut juga sebagai metode kualitatif karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif.kemudian tujuan penelitian kualitatif;
    -Mendeskripsikan suatu proses kegiatan pendidikan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan kajian lanjut untuk menemukan kekurangan dan kelemahan pendidikan sehingga dapat ditentukan upaya penyempurnaannya.
    -Menganalisis dan menafsirkan suatu fakta, gejala dan peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya dalam konteks ruang dan waktu serta situasi lingkungan pendidikan secara alami.
    -Menyusun hipotesis berkenaan dengan konsep dan prinsip pendidikan berdasarkan data dan informasi yang terjadi di lapangan (induktif) untuk kepentingan pengujian lebih lanjut melalui pendekatan kuantitatif.

    BalasHapus
  32. Nama:Santi
    Nim :18010101082
    Prodi :PAI /C5




    Ulasana :
    Metode penelitian langkah langkah yang di gunakan dalam peneliti yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakana analisi,proses dan makna(perspektif subjek ) lebih di tonjolkan dalam penelitian kualitatif


    Landasan teori di manfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan ,dan semakin lama penelitian di lakukan maka akan semakin hasilnya lebih baik pula.

    BalasHapus
  33. Nama : indrawan
    Nim : 18010101102
    Prodi PAI
    Berdasarkan uraian d atas sya dapat mengetahui bahwa Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan. Selain itu, metode penelitian juga dapat dimaknai sebagai salah satu cara yang ditempuh manusia dalam memahami gejala semesta.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh
    Nama : Tuti Alawiah
    Nim : 18010101085
    Kelas : PAI. C
    Semester : V (lima)


    Ulasan saya mengenai artikel ini adalah :

    Metode penelitian merupakan cara ilmiah dalam memperoleh data untuk tujuan tertentu, yang paling tidak meliputi: pengujian, menemukan, dan mengembangkan.

    Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti. Interaksinya yang secara terus-menerus antara peneliti dengan sumber data, disamping untuk mendapatkan informasi yang luas, lebih utama adalah kedalaman informasi, sehingga dapat dipahami makna dari sebuah peristiwa. Karenanya penelitian kualitatif lebih fokus para kejadian-kejadian unik, spesifik, tetapi memiliki makna

    Pada penelitian kualitatif, semakin mendalam, teliti, dan tergali suatu data yang didapatkan, maka bisa diartikan pula bahwa semakin baik kualitas penelitian tersebut. Maka dari segi besarnya responden atau objek penelitian, metode penelitian kualitatif memiliki objek yang lebih sedikit dibandingkan dengan penelitian kuantitatif, sebab lebih mengedepankan kedalaman data, bukan kuantitas data.

    BalasHapus
  35. Menurut ulasan saya dilihat dari pandangan beberapa tokoh diatas, metode yg dilakukan harus naturalis dan bersasarkan ilmiah.
    Dan mendekatkan diri pada lingkungan sosoal serta beradaptasibpada lingkungan masyarakat dimanapun berada. Daan metode tersebut tetap harus dilaksanakan.

    BalasHapus
  36. Nama : Nur Inthdan Rahim
    Nim : 18010101151
    Semester 5
    PAI C
    Dari ulasan saya :
    Dari ulasan saya :
    Metode kualitatif harus dilakukan secara natyranatural fan ilmiyah.
    Metode ini mengajarkan bagaimana cara kita mendekatkan diri pada lingkungan masyarakat dan sekitarnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI