KERANGKA PENGEMBANGAN ORGANISASI

KERANGKA PENGEMBANGAN ORGANISASI
Syahrul Marham 

Pendahuluan
Setiap organisasi yang hadir di tengah masyarakat selalu menghadapi dinamika, baik sebab dari dalam maupun dari luar. Setiap masa menghadirkan dinamika yang berbeda, sehingga respons yang diberikan organisasi tidak boleh monoton, tetapi menyesuaikan dengan kondisi terkini. Tulisan ini mencoba memberi ulasan singkat tentang variabel-variabel internal organisasi yang dapat dikembangkan agar lebih adaptif terhadap perkembangan zaman yang sangat cepat.
 

Struktural Frame


Sebuah organisasi merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan. Titik tekannya justru pada kerja sama, yang berarti bahwa orang-orang di dalam organisasi memiliki kapasitas yang berbeda tetapi bahu-membahu dalam proses pencapaian tujuan bersama. Pada organisasi yang sudah berkembang menjadi besar, tugas-tugas dibagi dan ditentukan siapa mengerjakan apa dan bagaimana keterhubungan satu unit dengan unit yang lain. Hal ini merupakan asumsi-asumsi dasar pendekatan struktural, seperti yang dikemukakan Bolman dan Deal:
1.      Organisasi ada untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan;
2.   Organisasi meningkatkan efisiensi dan kinerja melalui spesialisasi dan pembagian kerja yang jelas;
3.    Bentuk dan kendali yang tepat menjamin bahwa upaya-upaya individu yang beragam dan unit terhubung;
4.  Kerja terbaik organisasi ketika rasionalitas berlaku lebih dari preferensi pribadi dan tekanan-tekanan asing;
5. Struktur harus didesain untuk mencocokkan keadaan organisasi (termasuk tujuan, teknologi, dayakerja, dan lingkungan).
Masalah-masalah dan kesenjangan kinerja timbul dari kekurangan struktural dan dapat diperbaiki melalui analisis dan restrukturisasi. 

Human Resources Frame

Organisasi tidak dapat menjalankan fungsinya jika didukung oleh orang atau manusia yang berkualitas. Sehingga seorang pemimpin harus memperhatikan aspek ini dalam pengelolaan organisasi. Human Resource Frame dibangun pada beberapa asumsi dasar sebagai berikut:
a)      Organisasi ada untuk melayani manusia bukan sebaliknya;

b)      Orang dan organisasi membutuhkan satu sama lain. Organisasi butuh gagasan, energy, dan talenta; orang butuh karir, gaji, dan peluang;

c)      Ketika kecocokan antara individu dan sistem rendah, salah satu atau keduanya menderita. Individu dieksploitasi atau mengeksploitasi organisasi, atau keduanya menjadi korban.

d)     Kecocokan yang bagus bermanfaat bagi keduanya. Individu menemukan keberartian dan kepuasan kerja, dan organisasi mendapatkan talenta dan energy yang dibutuhkan untuk sukses.
Sangat jelas bahwa organisasi dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia secara alamiah cenderung untuk berhubungan dengan manusia lain dalam bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sehingga berorganisasi merupakan kebutuhan dasar manusia, bukan sebaliknya menjadi individualis. Dari sudut pandang ini, sesungguhnya organisasi sangat bergantung pada manusia, dan manusia membutuhkan organisasi untuk menunujukkan eksistensinya.
Political Frame

Terdapat lima hal yang menjadi sudut pandang tentang Political Frame terkait dengan penyelenggaraan organisasi, yakni:

a)  Organisasi merupakan koalisi dari individu-individu dan kelompok kepentingan yang berbeda;
b)  Terdapat “perbedaan abadi” di antara anggota koalisi mengenai nilai-nilai, kepercayaan, informasi, kepentingan, dan persepsi tentang realitas;
c)   Keputusan yang sangat penting mencakup alokasi sumber daya langka. Siapa dapat apa.
d)   Sumber daya langka dan perbedaan abadi membuat pusat konflik pada dinamika organisasi dan menggaris bawahi kekuasaan sebagai asset yang sangat penting;
 Tujuan dan keputusan timbul dari tawar-menawar, negosiasi, perebutan posisi di antara stakeholder yang bersaing.
Symbolic Frame

Symbolic frame menyaring ide-ide dari sumber yang beragama ke dalam beberapa inti asumsi, sebagai berikut:
·        Apa yang sangat penting bukan apa yang terjadi tetapi maknanya;
·      Kegiatan dan makna bergandeng secara longgar; peristiwa memiliki makna karena orang menafsirkan pengalaman secara berbeda;
·   Dalam menghadapi ambiguitas dan ketidakpastian yang meluas, orang menciptakan symbol-simbol memecahkan kebingungan, meningkatkan keteramalan, menemukan arahan, serta jangkar harapan dan keyakinan;
·      Banyak peristiwa dan proses lebih penting pada apa yang diekspresikan dari pada apa yang dihasilkan. Mereka membentuk permadani budaya tentang mitos sekuler, pahlawan, ritual, upacara, dan cerita yang membantu orang menemukan tujuan dan keinginan besar dalam kehidupan kerja dan pribadi mereka;
Budaya adalah “lem” yang melekatkan bersama organisasi dan unit-unit orang di sekitar kepercayaan dan nilai-nilai bersama
.
Penutup
Menghadapi dinamika organisasi yang tidak menentu, seorang pemimpin dituntut untuk dapat memberikan formula yang tepat agar organisasi dapat bergerak seirama dengan perkembangan zaman. Formula yang dapat ditawarkan secara internal adalah kerangka struktural, sumber daya manusia, politik, dan simbolik
Selamat Berdiskusi  







Bahan: Lee G. Bolman, Reframing Organization; Artistry, Choice, and Leadership, San Fransisco: Jossey Bass, 2003.
 

Komentar

  1. Di dalam sebuah organisasi terdapat struktural frame yang membahas tentang atau substansinya yakni tekanan kerja sama,bentuk,kendali, dan cara sesuatu yang di susun sistematis dalam hal membangun organisasi tersebut,nah bagaimana cara mengatasi ketika masalah-masalah itu dimulai ketika kinerjanya kurang struktural? Dan cara perbaikan melalui analisis dan restruktunisasi seperti apa?

    BalasHapus
  2. Nama :Alvonso zamorano Pombili
    Nim :18010103026
    Prodi:MPI A

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB

    Organisasi adalah suatu wadah atau tempat dimana terdapat dua orang atau lebih yang memiliki visi misi dan tujuan yang ingin di capai bersama. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan secara bahu membahu,tolong menolong yang utamanya saling menghargai meskipun memiliki asal,sifat dan karakter yang berbeda-beda,justru organisasi hadir salah satunya sebagai pemersatu perbedaan tersebut.
    Sebuah organisasi sangatlah perlu mengalami sebuah perkembangan karena sebuah organisasi dapat di katakan berhasil saat organisasi tersebut berkembang kearah yang positif sehingga anggota yang tergabung didalamnya dapat mencapai tujuan dan yang sangat penting organisasi tersebut memerlukan penyesuaian sistem pada organisasi tersebut dalam mengikuti perubahan zaman.
    Setelah organisasi tersebut mengalami perkembangan tentunya terjadilah sebuah perubahan yang dikatakan "PERUBAHAN ORGANISASI" yang merupakan upaya anggota dalam organisasi tersebut seperti yang saya katakan tadi bekerjasama dengan melakukan perubahan organisasi dalam berbagai aspek. Perubahan adalah hal yang pasti akan di lakukan oleh setiap organisasi di dunia ini untuk menjaga eksistensi nya akibat perubahan zaman.

    KESIMPULAN: organisasi dalam perkembangan mengalami kemajuan di bidang hubungan antar manusia bertujuan untuk mengadakan sebuah perubahan dalam sebuah organisasi kearah yang lebih baik dengan penerapan nilai-nilai ide dan gagasan baru agar organisasi semakin berkembang kearah yang positif dan maju dalam mengikuti perubahan zaman.
    #WASSALAM

    BalasHapus
  3. Nama : anisa nur adhawiyah
    Prodi : MPI
    Nim : 18010103003


    Artikel diatas membahas tentang kerangka pengembang organisasi. Yang dimana Dalam organisasi itu sendiri memiliki atau terdampat kerjasama Yang baik untuk mencapai tujuan. Dijaman sekarang, saya rasa organisasi harus di kembangkan. Karena, manusia memiliki hasrat untuk berkembang dan berkeinginan untuk berkontribusi sebanyak mungkin pada organisasi. Organisasi membawa perubahan dengan kerja sama yg baik. Dimana perubahan adalah pertanda kehidupan, perubahan memberikan harapan. Oleh karena itu, ketika para anggota organisasi beraktifitas bersama, mereka dapat mudah melakukannya dan saling mengenal, memahami bahkan meramalkan perilaku pihak lain dalam organisasi itu sendiri. Jadi, seorang pemimpin dalam organisasi harus berani membawa perubahan dengan tanggung jawab Yang baik, menjalin kedekatan dengan anggota organisasi lainnya, serta memberikan motivasi kepada anggota organisasi.
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Nama:nur rahman
    Nim:18010103022
    Di dalam sebuah organisasi terdapat struktural frame yang membahas tentang atau substansinya yakni tekanan kerja sama,bentuk,kendali, dan cara sesuatu yang di susun sistematis dalam hal membangun organisasi tersebut,nah bagaimana cara mengatasi ketika masalah-masalah itu dimulai ketika kinerjanya kurang struktural? Dan cara perbaikan melalui analisis dan restruktunisasi seperti apa?

    BalasHapus
  5. Nama : Wa Ode Liyana
    NIM : 18010103025
    Prodi : MPI
    Semester : III
    Assamualaikum.
    menurut interpretasi saya mengenai artikel di atas, seperti yang kita ketahui bersama bahwa organisasi adalah tempat atau wadah sekumpulan orang yang memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan bersama.Akan tetapi,jika melihat hal2 yang berdasarkan fact atau secara realistis, kadangkala organisasi sangat di pandang tidak begitu penting oleh masyarakat khususnya mahasiswa. sedangkan pada artikel tsb sudah ada penerangan bahwa organisasi dan manusia tidak dapat di pisahkan, justru akan membina hubungan sosial yang begitu berarti.
    Lantas bagaimana dengan organisasi yg kadangkala tidak membawa pengaruh besar kepada masyarakat ? apakah organisasi tsb harus di hilangkan? Jawabanya Tidak. mengapa jawaban saya demikian, jika sebuah organisasi tidak memiliki pengaruh yang positif pada publik atau masyarakat. yang harus di lakukan adalah membenahi. pertanyaanya apa kabar dengan pemimpin organisasi. dari yang kita tahu pemimpin adalah orang yang berperan aktif untuk mengarahkan bawahannya, yang dimana jikalau adanya kerja sama yang baik dan sungguh2 tentunya harapan untuk mencapai tujuan dan mempertahankan citra dgn memperoleh nama yg baik di masyarakat tetap tumbuh sesuai keinginan kita.
    Seperti yang tertera pada artikel mengenai political frame atau bingkai politik yang dimana organisasi berperan aktif atau penting dalam penyelenggaraannya, entah itu bagian sumber daya atau alokasi sumber daya.
    begitupun juga dgn budaya, budaya adalah suatu hidup yang berkembang yg dimiliki sekumpulan orang dan di warisi oleh generasinya. lantas jika kita berbicra apa sih hubungannya? hubungan dari pada itu ialah.
    Menurut Robbins budaya & organisasi merupakan sesuatu yg berisi tentang harapan, nilai, dan sikap yg mempengaruhi individu.
    Kesimpulannya adalah organisasi dapat berdiri jikalau manusia itu sendiri berdiri dan menopangnya, begitupun jg dgn budaya yang saling berkolaborasi dgn organisasi.dalam hal itu dimana pimpinan memiliki peran yg sangat aktif dgn melibatkan kemampuan atau skill yang mempengaruhi individu
    Mungkin itu saja
    Assalamualaikum Warahmatullah

    BalasHapus
  6. Nama:Husnul Khotimah
    Nim :18010103002
    Prodi:MPI A

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya dari artikel diatas bahwasanya suatu organisasi itu memang diperlukan sebuah kerjasama seperti yang sudah di jelaskan diartikel tersebut.karena jika didalam sebuah organisasi tidak ada kerjasama maka organisasi tidak akan maju dan berkembang dan bahkan tidak akan dapat mencapai sebuah tujuan yang du harapkan.olehnya itu kerja sama sangatlah penting seperti yg telah di jelaskan di artikel di atas.dan disebuah organisasi juga di butuhkan yang namanya pemimpin yang berkualitas yang mempunyai skill dan kemampuan untuk mengatur bawahannya.organisasi itu ibarat seperti wadah yang kosong atau tempat yang kosong yang didalamnya diisi oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.
    Menurut saya didalam sebuah organisasi juga harus ada yang namanya tanggung jawab.karna tanpa adanya sebuah tanggung jawab maka organisasi tidak akan maju dan berkembang,mengapa saya katakan demikian karna jika di dalam sebuah organisasi tidak memiliki tanggung jawab yang besar dan tidak di jalankan dengan baik maka organisasi tersebut tidak akan mendapatkan kemajuan yang baik sesuai dengan tujuan yang ingin di capai.disebuah organisasi juga harus menumbuhkan sikap disiplin mengapa?karena di dalam sebuah organisasi kita mengenal yang namanya sistem waktu disiplin yang dimaksud adalah bagaimana cara kita mengerjakan sesuatu dengan terarah.

    Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  7. Nama:kismawati
    Nim:18010103006
    Prodi: MPI A

    Ulasan saya mengenai artikel di atas mengenai pengorganisasian.
    Ialah kita perlu ketahui bahwa organisasi adalah suatu wadah dimanana sejumblah orang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, berbicara mengenai organisasi tentu kita membicarakan tentang manajemen dimana dan bagaimana cara kita memenej sebuah organisasi supaya organisasi itu bisa berjalan dengan baik. Lancar dan lurus nya sebuah organisasi itu bisa berjalan dengan baik yaitu dengan cara kita harus memiliki timbal balik antar pengurus dan anggota maupun pemimpin dan para anggota nya harus bekerja sama.
    Berbicara tentang bagaimana cara kita mengembangkan sebuah organisasi yaitu kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan organisasi.
    Dan dalam pengorganisasian itu harus memiliki pemimpin atau anggota yang penuh dengan tanggung jawab, disiplin dan memiliki sifat rendah hati dan saling bekerjasama di dalam berbagai aspek guna meningkatkan kinerja.

    Sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  8. Ulasan saya mengenai "kerangka perkembangan organisasi", kita telah mengetahui bahwa organisasi merupakan perkumpulan dari dua orang atau lebih yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Dimana organisasi itu sendiri tidak dapat menjalankan fungsinya jika didukung oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan didalam berorganisasi tidak terlepas dari yang namanya budaya yang merupakan "lem" untuk melekatkan antara organisasi dan unit-unit dari orang disekitar kepercayaan dan nilai-nilai bersama. Dan untuk menghadapi perkembangan organisasi yang tidak menentu, seorang pemimpin organisasi dituntut agar dapat memberikan formula yang tepat agar organisasi dapat bergerak seirama dengan perkembangan zaman serta tidak terlepas dari budaya.

    BalasHapus
  9. Nama : Mawaddah
    NIM : 18010103013
    Prodi/Kelas : MPI/A
    menurut saya mengenai artikel diatas , sebaiknya kerangka pengembangan organisasi dilakukan atau diterapkan didalam suatu organisasi yang berkembang masyarakat sekarang ini, apalagi pada perkembangan zaman yang sangat modern ini, maka dari itu, di butuhkan seorang pemimpin yang sangat dituntut untuk dapat memberikan perubahan-perubahan sesuai dengan zaman, selain itu pemimpin dalam suatu organisasi harus membina sumber daya manusianya dalam proses pengembangan organisasi, sehingga menghasilkan tujuan yang diinginkan bersama dalam suatu organisasi.

    BalasHapus
  10. Nama:sugiati
    Nim:18010103032

    Dalam sebuah organisasi terdapat banyak orang didalamnya yang memiliki tujuan atau visi dan misi yang sama. Didalam organisasi pasti terdapat masalah–masalah atau dinamika yang tidak menentu jadi sebagai ketua ataupun angota yang terdapat dalam organisasi tersebut melakukan kerja sama untuk melakuka pengembangan di dalam organisasi tersebut agar sebuh organisasi tidak hanya monoton dan sebuah organisasi tersebut bisa lebih maju lagi Karna di zaman seperti sekarang jaman yang sudah sangat cangging jadi akan lebih mempermudah lagi dan dalam sebuah organisasi memerlukan pemimpin yang berkualitas yang dapat berkerja sama agar organisasi tersebut bisa menjadi organisasi yang baik dan berkualitas dan dapat memenuhi semua tujuan yang ada

    BalasHapus
  11. Nama : imroatun khofifah
    Nim :18010103001
    Prodi : MPI A

    Di dalam suatu organisasi ada satu kesatuan antara organisasi dan manusia itu sendiri,adanya organisasi dilakukan untuk mencapai tujuan yang di inginkan bersama.
    Dalam berorganisasi sesungguhnya manusia sangat membutuhkan manusia yang lain tidak dapat hidup individualis,karenanya dengan adanya berorganisasi itu membantu manusia untuk mencapai tujuan organisasi yang ingin di capai secara bersama dan bersifat positif.
    Organisasi tidak akan berkualitas jika tidak di dukung oleh orang yang berkualitas pula,karenanya seorang pemimpin harus memperhatikan aspek tersebut agar tidak membuat sebuah tujuan organisasi tersebut tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

    BalasHapus
  12. Nama : Yus'An
    NIM :18010103010
    Kelas: mpi a

    1 Organisasi adalah sebuah lembaga dan slah satu wadah ilmu yang di dlamnya terdapat struktur mulai dari pemimpin dan bagian2nya.organisasi ini di jalankan oleh beberapa orang untuk menjalankan kinerja dalam pencapaian tujuan bersama.dan dalam menjalankan sebuah kinerja yg dapat menghasilkan suatu hasil sesuai yang ingin di capai....perlu sebuah arahan dalam mengontrol kinerja-kinerja yang di lakukan maka dari itu di sini yang di sebut sebagai pangarah dalam sebuah organisasi perlu mengembangkan kerangka organisasi yang lebih efisien.dan organisasi ini harus menjalnkan segala aspek kinerja secara berkelompok sehingga bisakah bisalah apa yg ingin di capai dpat terwujudkan dengan hasil yang memuaskan
    2.Organisasi perlu di kembangkan di dalam masyarakat.dan di jadikan patokan dalam mengatasi permsalhan apabila terjadi permsalhkn yang di dlamnya harus di kerjakan secara bahu membahu.syukron wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

    BalasHapus
  13. Nama : maulina
    Kelas: a
    Prodi: manajemen pendidikan islam
    Dalam suatu organisasi, pastinya kita membahas tentang sekelompok orang yang mempunyai visi dan misi dalam mencapai sesuatu, dan setiap organisasi pasti mempunyai seorang pemimpin, dan pastinya setiap pemimpin inginkan organisasi dan orang yang berada dalam organisasi tersebut tetap dapat bergerak seirama dengan perkembangan zaman pada masa sekarang ini, sama seperti orang yang berada dalam organisasi tersebut pastinya ingin berkembang dan mencapai tujuan dengan sempurna.dan seperti yang diketahui pada zaman skarang semakin berkembang apabila kita tdak dapat bersaing maka kita akan ketinggalan oleh zaman ini maka dari itu kita harus dapat bersaing di era seperti ini dalam hal positive sehingga kita dapat terus berkembang sehingga mencapai tujuan dengan sempurna

    BalasHapus
  14. Nama :siti rahmah
    Nim :18010103023
    Prodi:mpi

    Sebuah organisasi yang hadir di tengah masyarakat selalu menghadapi dinamika,baik sebab dari dalam maupun dari luar.dalam organisasi memiliki kapasita yang berbeda tetapi bahu-membahu dalam proses pencapaian tujuan bersama,pada organisasi yang sudah berkembang menjadi besar,tugas-tugas di bagi di tentukan siapa mengerjakan apa dan bagaimana dalam suatu organisasi dan organisasi yang lain
    Kesimpulan organisasi dalam perkembangan mengalami kemajuan yang baik menjalin kedekatan dengan organisasi yang lain.

    BalasHapus
  15. Nama : Samsul Alam
    Nim : 18010103019
    Prodi: MPI A

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Organisasi merupakan wadah atau tempat berkumpulnya dua orang atau lebih yang melakukan kerja sama untuk mencapai visi misi dan tujuan yang sama. Titik tekannya justru pada kerja sama, yang berarti bahwa orang-orang di dalam organisasi memiliki kapasitas yang berbeda tetapi bahu-membahu dalam proses pencapaian tujuan bersama.
    Pada organisasi yang sudah berkembang menjadi besar, tugas ditentukan siapa mengerjakan apa dan bagaimana keterhubungan satu unit dengan unit yang lain.sebuah organisasi menuju kearah yang lebih baik dengan penerapan nilai-nilai ide dan gagasan baru agar organisasi semakin berkembang kearah yang positif dan maju dalam mengikuti perubahan zaman.

    Sekian WASSALAM

    BalasHapus
  16. NAMA:NANDAR
    NIM :18010103029

    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU

    Political Frame

    Terdapat lima hal yang menjadi sudut pandang tentang Political Frame terkait dengan penyelenggaraan organisasi, yakni:

    a) Organisasi merupakan koalisi dari individu-individu dan kelompok kepentingan yang berbeda;
    b) Terdapat “perbedaan abadi” di antara anggota koalisi mengenai nilai-nilai, kepercayaan, informasi, kepentingan, dan persepsi tentang realitas;
    c) Keputusan yang sangat penting mencakup alokasi sumber daya langka. Siapa dapat apa.
    d) Sumber daya langka dan perbedaan abadi membuat pusat konflik pada dinamika organisasi dan menggaris bawahi kekuasaan sebagai asset yang sangat penting;
    Tujuan dan keputusan timbul dari tawar-menawar, negosiasi, perebutan posisi di antara stakeholder yang bersaing.

    Berdasarkan Empat poin diatas saya menarik kesimpulan bahwa organisasi yang pada dasarnya di bangun bertujuan untuk mencapai tujuan bersama, tetapi melihat dari realita ke-empat poin diatas dalam organisasipun masih ada ego individu-individu yang dapat mematikan eksistensi dan kehidupan organisasi.

    Menurut bapak dan teman-teman sekalian usaha-usaha apa yang perlu dilakukan untuk membuat hal itu tidak terjadi, akad-akad apa yang perlu dibuat agar hal itu tidak terjadi.??

    BalasHapus
  17. Nama :winarti
    Nim : 18010103035
    Prodi : mpi
    Menurut saya dari artikel diatas bahwa sebuah organisasi adalah suatu wadah atau tempat dimna kita dapat bertukar pendapat atau fikiran dan memiliki visi,misi ataupun tujuan yang ingin kita capai bersam. Sebuah organisasi harus berkembang dengan baik karna jika organisasi tidak berkembang maka organisasi itu tidak dapat mencapai tujuan dengan sempurna karna setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang pasti

    BalasHapus
  18. Nama : meldawati
    Nim : 18010103037
    Prodi : MPI A
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Ulasan saya mengenai "kerangka perkembangan organisasi" artikel diatas menjelaskan bahwa sebagaimana kita ketahui sekarang perkembangan zaman sangat cepat maka dari itu setiap organisasi yang hadir ditengah masyarakat harus dikembangkan tidak boleh monoton, dan sebagaimana yang kita ketahui organisasi ada untuk mencapai tujuan-tujuan dalm organisasi yang telah ditetapkan. Organisasi juga salah satu kebutuhan manusia seperti yang dijelaskan bahwa organisasi dan manusia merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Jadi, memilih pemimpin untuk organisasi adalah orang yang bertanggung jawab dan mau berpartisipasi dengan anggota dan harus selalu bekerjasama. Terimakasih wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  19. Nama : muhammad alwi
    Nim : 18010103027
    Prhodi: MPI

    Menurut saya organisasi adalah tempat atau wadah di mana orang-orang berkumpul bekerja sama secara rasional,sistematis,terkendali,dengan memanfaatkan sumber daya yang ada yang di gunakan secara efisien.
    Setiap organisasi pasti mempunyai suatu kepentingan dan tujuan yang sama untuk membentuk sebuah badan atau wadah di mana mereka saling berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut.

    BalasHapus
  20. NAMA:BETI SETIOWATI
    NIM: 18010103007
    PRODI:MPI A
    Menurut pendapat sy tentang artikel diatas.Organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis,terkendali,dan terpimpin untuk mencapai tujuan bersama.
    Maka dari itu dalam sebuah organisasi harus terdapat kerja sama yang kuat,dan harus memiliki sifat yang adaktif (mudah menyesuaikan diri dengan keadaan)antara anggota dan pemimpin,agar organisasi tersebut dapat berkembang dengan baik dan tidak hanya berjalan monoton.Apalagi di zaman yang sudah canggih ini semua bisa menggunakan teknologi untuk mengembangkan dan mewujudkan tujuan dalam organisasi tersebut.

    BalasHapus
  21. Nama:list rahmyanti
    Nim:10810103009
    Menurut sya organisasi untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi organisasi yg harus diberi. Salah satunya itu seperti bekerja sama dalam kelompok supaya semakin berkembang itu organisasi,bagaimna cara supaya berkembang meningkatkan efisiennn dan pendekatan sistematiknya terpadu dan terencana untuk mningkaykan efektifitas organisasi serta memecahkan masalah masalah seperti kurangangnya kerjasama dan kurangnya komunikasi,dijamann sekarang organisasi itu harus berkembang trss tujuannya itu untuk merubah keyakinan, nilai nilai, sikap, dan nilai nilai yg dipedomi dalam bkerja agar lebihhh baik lagi

    BalasHapus
  22. Nama :Nikmatul munawwaroh
    Nim :18010103033
    Prodi : MPI
    Menurut saya mengenai "kerangka perkembangan organisasi" sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa organisasi merupakan sekumpulan dari dua orang atau lebih yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
    Menurut saya mengenai artikel di atas, bahwasanya didalam suatu organisasi itu memiliki atau terdapat yang namanya kerjasama dan tujuan yang ingin dicapai bersama. Jika didalam suatu organisasi tidak ada, jika kerjasama antar dua orang atau lebih maka organisasi tersebut tidak akan maju dan bahkan tidak dapat mencapai tujuan seperti yang di harapkan. Suatu organisasi juga perlu mengalami perkembangan karena organisasi dapat berhasil saat organisasi itu bisa berkembang dan yang sangat penting, organisasi tersebut memerlukan penyesuaian sistem pada organisasi tersebut.
    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  23. Nama : Ainur Rofiq
    NIM : 18010103036
    Fakultas/Prodi/Kelas/Semester : Tarbiyah/Manajemen Pendidikan Islam/A/III

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Ulasan Saya dalam Artikel ini :
    1. Dalam suatu organisasi, pastinya kita membahas tentang sekelompok orang yang mempunyai visi dan misi dalam mencapai sesuatu, dan setiap organisasi pasti mempunyai seorang pemimpin, dan pastinya setiap pemimpin inginkan organisasi dan orang yang berada dalam organisasi tersebut tetap dapat bergerak seirama dengan perkembangan zaman pada masa sekarang ini, sama seperti orang yang berada dalam organisasi tersebut pastinya ingin berkembang dan mencapai tujuan dengan sempurna.dan seperti yang diketahui pada zaman skarang semakin berkembang apabila kita tdak dapat bersaing maka kita akan ketinggalan oleh zaman ini maka dari itu kita harus dapat bersaing di era seperti ini dalam hal positive sehingga kita dapat terus berkembang sehingga mencapai tujuan dengan sempurna.

    2. Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan. Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan. Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.

    Sekian dan Terima Kasih
    Semoga Bermanfaat

    BalasHapus
  24. Nama : Ully Niken Fadhilah
    Nim : 18010103021
    Prodi : MPI A

    Menurut saya mengenai artikel di atas, yaitu dengan perubahan zaman yang sekarang sebaiknya dalam organisasi lebih meningkatkan lagi konsep2 dalam organisasi, orang2 yang berada di dalam suatu organisasi seharusnya saling membantu untuk mencapai tujuan bersama dan setiap anggota lebih aktif lagi dalam membangun organisasi tersebut. Sebagai pemimpin organisasi, itu lah yang paling menonjol dalam suatu organisasi karena dia lah yang mengarahkan atau membuat konsep2 dalam organisasi agar organisasi tersebut bisa berkembang di era saat ini.

    BalasHapus
  25. Nama: Fadli
    Nim: 16010103032
    Pridi/kls: MPI/A

    Dalam studiperilaku organisasi termasuk didalamnya bagian-bagian yang relevan dari semua ilmu tingakah laku yang berusaha menjelaskan tindakan-tindakan Manusia di dalam organisasi. oleh karnanya semenjak uang merupakan bagian dari alasan orang untuk mencari pekerjaan maka aspek ekonomi tertentu adalah relevan bagi ilmu perilaku organisasi. Dan juga sejak tingkah laku orang dipengaruhi oleh performennya.
    Perilaku organisasi, adalah suatu suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam sustu organisasi atau susatu kelompok tertentu. Paul preston dan thomas zimmere mengemukakan pendapatnya tentang oerganisasi, yaitu suatu kumpulan orang yang telah di susun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama. jadi dalam sebuah organisasi harus jelas visi dan misi, agar manejer maupun bawahannya dapat bekerja sesuai apa yang diinginkan dalam sebuah organisasi tersebut.

    BalasHapus
  26. Nama : Nur Awalia Purnamasari
    Nim : 18010103005
    Prodi : MPI (Kelas A)

    Dari artikel tersebut tentang kerangka pengembangan organisasi telah dijelaskan bahwa setiap organisasi yang hadir di tengah masyarakat selalu menghadapi dinamika, baik dari sebab dari dalam maupun dari luar. Menurut saya dalam sebuah organisasi kita mengetahui bahwa dalam menghadapi dinamika organisasi yang tidak menentu ini. Sementara dalam kenyataannya dinamika ini sering kali terjadi perubahan yang terjadi dari segi kehidupan baik pada tingkat individu maupun dari segi organisasional. Maka oleh sebab itu, perubahan yang selalu terjadi dan akan terjadi, ada kalanya pemimpin organisasi di samping harus memiliki kepekaan terhadap perubahan perubahan yang terjadi didalam maupun diluar organisasi yang di pimpinnya. Maka pemimpin tersebut harus mampu memperhitungkan dampak dari perubahan perubahan yang terjadi tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk mempunyai keterampilan dan keberanian untuk mengatasi perubahan didalam maupun di luar organisasi demi peningkatan kemampuan organisasional untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersama.

    BalasHapus
  27. Nama : Reza Alfian
    NIM : 18010103004
    Podi/Kelas: MPI/A

    Menurut saya artikel diatas, organisasi yang lahir di tengah-tengah masyarakat luas harus mampu menghadapi dinamika yang terjadi pada kondisi seperti sekarang ini, dengan cara jika dalam menghadapi dinamika yang terjadi terdapat beberapa kesulitan yang membuat organisasi tidak bisa menyelesaikan suatu permasalahan yang ada, maka haruslah dia melakukan suatu perundingan dengan masyarakat dimana untuk mencari suatu solusi yang bisa menyelesaikan suatu dinamika yang terjadi. Akan ada banyak masalah yang timbul dikarenakan oleh perkembangan zaman yang sangat cepat, oleh karena itu sebagai sesama orang yang berada dalam lingkup organisasi harus bekerja sama dalam menyelesaikan dinamika yang hadir untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.

    BalasHapus
  28. Nama :nur rahman
    Nim:18010103022
    Prodi:mpi a

    Menurut saya terkait Setiap organisasi yang hadir di tengah masyarakat selalu menghadapi dinamika, baik sebab dari dalam maupun dari luar. Setiap masa menghadirkan dinamika yang berbeda, sehingga respons yang diberikan organisasi tidak boleh monoton, tetapi menyesuaikan dengan kondisi terkini.
    Jadi variabel organisasi itu mulai dari masalah dan masalah itu tampak ketika kerangka organisasi:sturuktural,sumber daya alam,simbolic dan bingkaj politik belum di aktualisasikan ....didalam tujuan organisasi harus ada asumsi atau landasan kerangka organisasi yang di aktualisasikan ketika asumsi tidak diaktualisasikan yang ada lahirnya dinamika....inilah muncul rasa kebingungan saya terkait dengan simbolic,struktural, apakah kerangka itu akan menghasilkan masalah atau solusi pengembangan organisasi? maka dari itu pemimpin lah yang mengambil peran dalam hal mengembangkan organisasi dengan cara memberikan formula entah sesuai kerangka struktural atau bagaimana yang penting sesuai perkembangan zaman dan lahirnya dinamika organisasi itu tergantung dari simbolic atau budaya tapi substansinya adalah kerja sama sehingga berhasil menghasilkan tujuan yang di inginkan di dalam organisasi

    BalasHapus
  29. Nama ; Sitti Zulqaidah
    NIM. ; 18010103008
    Kelas ; MPI A

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Menurut saya Pengembangan organisasi merupakan salah satu pokok pembahasan yang penting dalam perbincangan organisasi. Hal ini dapat dimaklumi karena manusia, pekerjaan dan lingkungan kerja atau organisasi merupakan tiga hal yang saling berkaitan secara erat, dan dalam hal itu pengembangan organisasi diperlukan untuk meningkatkan efektifitas organisasi yang berkualitas.
    Di era globalisasi saat ini organisasi dituntut untuk terus menerus mempersiapkan dirinya mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Pengalaman yang dialami berbagai organisasi di Negara maju menunjukkan bahwa hanya organisasi yang secara konsisten terus meningkatkan dirinya melalui pengembangan organisasi yang dapat bertahan. Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah, sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi. Oleh karena itu dibutuhkan perkembangan organisasi untuk mempertahankan kehidupan organisasi dalam menghadapi persaingan dan organisasi masa depan yang tidak terlalu mementingkan eksistensi sebuah organisasi.
    Dalam hal ini Pengembangan organisasi sangat penting bagi suatu organisasi, terutama dalam bidang Ilmu pengetahuan Teknologi. Suatu organisasi harus dapat mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi agar tetap bertahan dan tidak ketinggalan zaman, serta sesuai dengan perkembangan zaman.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  30. Nama : Atin Nurjannah
    Nim : 18010103030
    Prodi : Mpi

    Didalam organisasi ada beberapa manusia yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan meskipun mempunyai kapasitas yang berbeda-beda tetapi tetap bekerja sama dalam proses mencapai tujuan bersama.
    Dan dengan adanya organisasi manusia dapat saling bertukar pikiran atau mengeluarkan gagasan satu sama lain, dalam organisasi mereka dapat berinteraksi dengan semua struktur organisasi yang terkait pada organisasi tersebut baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. dan sangat jelas bahwa organisasi dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum W.r W.b saya Hesti Hanapi, menurut saya dalam berorganisasi sangat penting memperhatikan etika pelaku organisasi, mengapa sangat penting? Etika memang adalah hal yang memlerlihatkan sikap hormat, kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab seperangkat nilai tersebut biasanya di jadikan sebagai acuan dan di anggap sebagai prinsip-prinsip etis dan moral, maka dari itu etika pelaku organisasi juga penting di perhatikan demi tercapainya tujuan organisasi tersebut.tanggapan saya hanya menambahkan apa yang ada di artikel di atas, Sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  32. nama : Dwi Resta Awalia
    NIM : 18010103017
    Prodi : Mpi A

    Assalammualaikum wr. Wb

    Dari artikel diatas mengenai struktur organisasi yang merupakan susunan kkomponen-komponen atau unit kerja dalam organisasi yang merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu suatu dinamika yang terjadi didalam masyarakat yang terjadi baik di dalam maupun diluar.hal itu harus diselesaikan secara bersama untuk mencapi tujuan bersama apalagi dizaman yang sekarang ini, akan bertambah banyak dinamika yanga kn terjadi dimasyarkat oleh karena itu didalam sebuah organisasi harus lebih ditingkatkan agar suatu dinamika yang terjadi dimasyarakat harus diselesaikan secara berkerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

    Sekian

    BalasHapus
  33. Nama:Irdan
    Nim:18010103024
    Prodi:Mpi/A

    Menurut saya dari ulasan diatas dalam sebuah organisasi merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan. Sangat jelas bahwa organisasi dan manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia secara alamiah cenderung untuk berhubungan dengan manusia lain dalam bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Sehingga berorganisasi merupakan kebutuhan dasar manusia, bukan sebaliknya menjadi individualis.

    Setiap masa menghadirkan dinamika yang berbeda, sehingga respons yang diberikan organisasi tidak boleh monoton, tetapi menyesuaikan dengan kondisi terkini.

    Jadi variabel organisasi itu mulai dari masalah dan masalah itu tampak ketika kerangka organisasi:sturuktural,sumber daya alam,simbolic dan bingkaj politik belum di aktualisasikan ....didalam tujuan organisasi harus ada asumsi atau landasan kerangka organisasi yang di aktualisasikan ketika asumsi tidak diaktualisasikan yang ada lahirnya dinamika.



    BalasHapus
  34. Assalamualaikum wr....wb....

    Nama : Muh. Rahmat Toding
    Nim : 18010103061
    Kelas : mpi B

    Kata kunci dalam sebuah organisasi adalah kerja sama yang baik, agar tercapainya keinginan dalam organisasi.
    Tapi perlu di ingat bahwa dalam menjalankan tugas dalam berorganisasi pasti ada masalah yang akan di hadapi. Entah itu perbedaan pendapat, kegiatan tidak sesuainya dengan perencanaan, atau kesenjangan kinerja. Itu semua timbul karena SDM kita dalam berorganisasi terkadang tidak tau atau bingung bagaimana car bekerja dengan baik dan benar. Maka penting kita harus melihat dan memahami secara matang bagaimana sistem belerja dalam organisasi, seperti yang terdapa diatas dalam pembahasan Human Resources Frame (HRF)

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Sebuah organisasi merupakan tempat atau wadah dimana dua orang atau lebih yang memiliki keinginan untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan ini dicapai dengan arahan atau bantuan orang orang yang ahli dalam bidang tersebut untuk mencapai hasil yang bagus.
    Sebuah organisasi pasti akan mengalami yang namanya perkembangan, perkembangan organisasi ini merupakan tujuan bersama dimana didalamnya terdapat orang orang yang memiliki kinerja kualitas tinggi bekerja sama saling bahu membahu untuk tujuan bersama sehingga menghasilkan hasil yang sangat efisien

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum wr. WB

    Nama : Mirna
    Nim : 18010103028
    Kelas: MPI A

    Sebuah organisasi merupakan tempat atau wadah dimana dua orang atau lebih yang memiliki keinginan untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan ini dicapai dengan arahan atau bantuan orang orang yang ahli dalam bidang tersebut untuk mencapai hasil yang bagus.

    Sebuah organisasi pasti akan mengalami yang namanya perkembangan, perkembangan organisasi ini merupakan tujuan bersama dimana didalamnya terdapat orang orang yang memiliki kinerja kualitas tinggi bekerja sama saling bahu membahu untuk tujuan bersama sehingga menghasilkan hasil yang sangat efisien

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANUSIA SEBAGAI INTI ORGANISASI