UJIAN AKHIR SEMESTER PRODI PGMI KELAS C
UJIAN AKHIR SEMESTER
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah
Program Studi: PGMI
Semester / Kls: IV / C
Pengantar:
Sebagai seorang Calon Guru pada Madrasah Ibtidaiyah, anda sejak dini mesti memiliki pandangan tentang "Bagaimana menjadi guru MI yang baik". Dengan cara pandang demikian, anda nantinya tidak hanya peduli terhadap persoalan profesi anda, tetapi juga dapat membuka mata atas persoalan yang dihadapi sekolah anda secara luas.
Berdasarkan pengantar di atas, berikanlah ulasan anda terkait point di bawah ini:
1. Bagaimana menjadi Guru yang baik menurut pandangan anda?
2. Apa saja implikasi pandangan anda terhadap pengelolaan MI secara luas?
Catatan:
- Berilah ulasan dengan tinjauan yang relatif kompleks
- Ulasan ditulisan melalui kolom kementar di bawah.
SELAMAT BEKERJA
Nama : Riska winda astuti
BalasHapusNim : 17010104100
1.menjadi guru yang baik menurut pandangan saya yaitu:
- menguasai materi pelajaran yang akan di ajarkan
- cara mengajar selalu berbeda agar siswa tidak merasa bosan
- rajin periksa tugas siswa karena siswa akan merasa di hargai jerih payahnya/pekerjaannya
- disiplin dan bertanggung jawab karena kita mengajarkan kepada siswa kita untuk selalu disiplin maka kita juga harus bisa disiplin
- rendah hati atau selalu tersenyum
- mampu menjadi contoh yang baik
2. Pandangan saya terhadap implikasi pengelolaan MI secara meluas adalah yang pertama yaitu menjadikan ajaran agama islam sebagai referensi seluruh kegiatan pengembangan di MI, yang kedua yaitu MI adalah lembaga pendidikan yang berchiri khas agama islam maka dari itu di segala kegiatan harus bisa menjadikan ajaran agama islam sebagai pandangan yang akan di lakukan.
1. Menurut pendapat saya untuk menjadi guru yang baik bagi siswa MI menurut pendapat saya bahwa guru mampu menyampaikan materi pada siswa sampai Siwa tersebut bisa memahami materi tersebut,terutama pada siswa MI karena siswa MI butuh kesabaran dalam menghadapi setiap karakter setiap siswa yang berbeda-beda dalam satu kelas serta pemahaman siswa juga berbeda-beda. Dan pastinya guru MI harus memberikan contoh yang baik bagi siswa.
BalasHapus2. Pengelolaan secara luas pada MI antara lain mMI harus dilaksanakan secara mandiri, efektif, efisien, dan akuntabel. Dalam pelaksanaannya, madrasah yang tidak sesuai dengan tahunan harus mendapat persetujuan dari rapat dewan pendidikan dan komite madrasah.
Nama : IRAWANTI LIMPONG
BalasHapusNim : 17010104101
1. Menurut pendapat saya menjadi guru baik itu,terutama guru itu ikhlas dalam memberikan ilmunya pada siswa-siswanya,agar guru tersebut mudah memahami segala macam sifat siswa-siswanya,dan dapat mengatasinya dengan sabar dalam mengajarkan siswa-siswanya.
2. Terhadap implikasi pengelolaan MI secara luas itu sebuah usaha mengelola lembaga yang ada antaranya merupakan kerja sama antara beberapa orang dengan cara menyiasati sumber-sumber yang ada.
Nama : YUSRAH HADI
BalasHapusNim : 17010104072
1. Menurut saya, menjadi guru yang baik itu kita harus menguasai materi pelajaran yang akan kita sampaikan dan cara mengajar selalu berbeda supaya siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran berlangsung.
2. Implikasi terhadap pengelolaan MI secara luas adalah dengan modal moral keagamaan, ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang menjadi kebutuhan hidup, maka MI sebagai pendidikan berbasiskan masyarakat akan tetap menjadi pilihan orang tua, tidak saja mengirimkan anaknya masuk ke MI, melainkan juga partisipasinya bagi penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, mampu mendorong penanaman dasar-dasar keunggulan kompetitif.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama :Iwan Kurniawan
BalasHapusNim :17010104090
Prodi:PGMI c
1.menurut saya guru yang baik adalah guru yang mampu memberikan ilmu pengetahuan kepada muridnya dan dapat menguasai semua materi yang di ajarkan kepada muridnya.Guru yang baik tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada muridnya tetapi guru juga harus menajarkan kepada muridnya tentang akidah dan akhlak yang baik kepada muridnya.
2.pandangan saya terhadap implikasi pengolahan MI adalah suatu pengolahan secara islami terhadap lembaga pendidikan islam dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dengan hal-hal yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien.
1. Menurut saya menjadi guru yang baik adalah guru yang bertanggung jawab, guru yang tidak pernah lelah dalam memberikan pengetahuan pada siswa. Guru yang selalu murah hati dan menjadi contoh yang baik buat semua siswa karena seperti yang kita ketahui banyak siswa yang hyperaktif. Tapi kita sebagai guru harus bisa mengontrol emosi dan bersabar. Dan mampu memberikan pelajaran yang baik dan menyenangkan.
BalasHapus2. Menurut saya pengelolaan MI secara luas yaitu, dalam pengelolaan suatu lembaga yang sangat penting adanya masyarakat di dalamnnya yang saling berinteraksi, berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik. Dan ilmu Agama pun sangat di pentingkan di Mi karena nantinya peserta didik mampu berakhlak yang baik.
Nama : Wa ode widya kiswara
BalasHapusNim : 17010104095
Prodi : PGMI C
1.menurut pendapat saya guru yang baik adalah guru yang menjadi sosok pendidik yang obyektif, bukan subyektif. Adil di sini berarti Guru tidak berpihak pada satu sisi atau kelompok tertentu. Jadi, harus mampu menyikapi setiap siswa dengan karakter dan kemampuan yang beragam.Selain itu, keterbukaan juga merupakan sesuatu yang sangat penting bagi guru. Menerima kedatangan, pertanyaan, kritik, hingga masukan dari siswa. Untuk memperbaiki karakter siswa, Guru terlebih dulu harus melakukan perbaikan.Dan, menjadi guru memang harus punya prinsip, baik dalam nilai-nilai maupun pengetahuan. Namun, dalam menyampaikan prinsipnya, Guru sebaiknya fleksibel. Fleksibel di sini maksudnya adalah tidak kaku dan mampu menyesuaikan dengan kondisi, perkembangan, sifat, kemampuan, serta latar belakang siswa.
2.implikasi pandangan MI secara meluas adalah dalam pengelolaan MI merupakan unsur yang penting yaitu dalam pengelolaannya membutuhkan orang-orang yang mempunyai kompetensi dibidang manajemen pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik efektif dan efisien. Pengelolaan MI menghendaki adanya muatan-muatan nilai islam dalam proses pengelolaan lembaga pendidikan MI ini harus diletakan pada penghargaan,kualitas kemajuan dan pemberdayaan. Selanjutnya upaya pengelolaan iu harus di upayakan bersandar pada pedoman islam. Oleh karena itu pengelolaan MI ini sebaliknya berusaha selalu tidak bertentangan dengan fenomena-fenomena sosio politik,
Sosio kultural, sosio ekonomi dan sisio religius yang terjadi di lembaga pendidikan MI, agar kaidah-kaidah pengelolaan yang dirumuskan benar-benar dapat di aplikasikan dalam pendidikan MI karena telah memadukan teori dengan realita yang ada dilapngan. Di samping itu pendidikan MI juga perlu memperhatikan falsafah pengelolaan pendidikan dasar agar dapat bersaing dan berdaya guna bagi anak didik.
RISMAYANA
BalasHapus17010104102
PGMI. C
1.) menjadi guru yang baik menurut pandangan saya adalah guru yang intensif dalam berkomunikasi dengan siswa, dan peka dalam kegiatan belajar mengajar. Intensif dalam berkomunikasi maksudnya guru sering menanayakan pada siswa apakah mereka sudah paham dengan materi yang ia sampaikan. Sedangkan peka pada siswa maksudnya adalah guru harus tahu kondisi siswa-siswanya. Seperti, apakah siswanya sudah dapat menyerap pelajaran dengan baik, dan seorang guru harus tahu ketika salah satu siswanya memiliki masalah yang sedang dihadapi sehingga tidak dapat menerima pelajaran dengan baik, dan berusaha membantu siswanya untuk memecahkan masalahnya.
2.) implikasi pandangan saya terhadap pengelolaan di MI adalah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas yang berciri khas agama islam yaitu lulusan yang memiliki prestasi akademik dan non akademik yang mampu menjadi pelopor pembaharuan dan perubahan sehingga mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapinya.
Nama:indah pridayani
BalasHapusNim :17010104079
1. Menurut saya, guru yang baik yaitu seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya, tetapi juga mendidik mereka menjadi lebih baik lagi, selain itu guru juga harus mengetahui karakter masing-masing siswanya.
2. Menurut saya, pengelolaan MI secara luas yaitu pengelolaan madrasah berarti, kita akan membicarakan pengelolaan pendidikan yang diselenggarakan oleh satuan pendidik. Bahwa pengelolaan satuan pendidikan dasar dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan manajemen sekolah/madrasah.
Nama : iis sugiarti
BalasHapusNim : 17010104076
Prodi: PGMI C smester IV(empat)
1. Menurut saya menjadi guru yang baik itu yang pertama: sebagai guru MI, dimana disini yang kita hadapi anak-anak, jadi sebagai guru disini kita harus tegas dan bukan keras, karena kalau keras biasanya bisa membuat siswa takut dan membangun trauma pada diri mereka,jadulah teman bagi siswa. Kemudian yang kedua : lemah lembut dalam mengajar siswa karena setiap anak itu memiliki karakteristik yang berbeda, kekerasan tak selalu membuat siswa patuh. Kemudian yang ketiga : menjadi guru yang teladan ini sangat penting, tidak hanya teori namun guru harus menjadi contoh dan bisa bersikap adil terhadap siswanya. Dan yang ke empat : guru harus inovatif dan kreatif sehingga tidak membuat siswa bosan dan malas belajar, buat suasana belajar menjadi baru kembali agar siswa menjadi semangat belajar kembali.
2. Dalam implikasi pengelolaan ini menurut saya mencakup beberapa tahap yaitu : perencanaan,pengelolaan, pengorganisasian,pelaksanaan, pengawasan dan penilaian.
tidak hanya itu, suatu lembaga seperti MI ini harus memiliki visi misi yang mencerminkan atau menunjukkan bahwa MI tersebut itu sekolah agama, dan sekolah ini (MI) bisa mensosialisasikan visi misi dan tujuan sekolah tersebut melalui media/kegiatan.
jadi MI ini harus memiliki rencana kerja seperti tujuan, target sasaran, kebijakan, program/kegiatan, dan pembiayaan, supaya bisa melihat perkembangannya dari tahun ke tahun.
Pengelolaan akan berjalan secara efektif dan efisien apabila di dukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoprasikan sekolah, kemudian dana yang cukup agarbsekolah mampu membiayai staf sesuai dengan fungsinya. Sarana dan pra sarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar serta dukungan masyarakat(orang tua) yang tinggi, jadi intinya adalah bagaimana sekolah meningkatkan efektivitas, kinerja secara kolaborasi melalui kerja sama antara sekolah dan masyarakat dan upaya-upaya yang dilakukan sejak tahap perencanaan sampai pada evaluasi.
Nama:indra
BalasHapusNim:17010104087
1.Menurut pandangan saya ketika seandanya saya menjadi guru.maka saya harus menetapkan beberapa langkah yaitu:
1.pembentukan karakter.
Pembentukan karakter yang paling utama karna dengan pembentukan karakter kita mudah mengetahui tingkah laku sifat dan lain sebagainya itu guru tau tentang karakter anak.
2. Pendidik yang baik kepada muridnya
supaya bisa lebih mudah atau lebih di sayang oleh muridnya intinya tdk menggunakan kekerasan dengan pendidik yang baik maka murid itu juga akan senang menerima pelajaran.
3.pengajar yang profesionl
guru harus profesional itu paling penting karna dengan profesional maka guru banyak melakukan betbagai kegiatan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
2.Menurut pandangan saya tentang pengelolaan MI secara luas yaitu:
1.proses pengelolaan secara islami
Karna dengan pengelolaan secara islami maka semua kegiatan bisa di terlaksana dengan baik.
2.harus ada tujuan pendidikan islam
Karna dengan tujuan pendidikan islam kita bisa atau mudah dalam mengembangkan tujuan pendidikan yang jelas dan sesuai peraturan guru dan tepat menyusun sebuah langkah kegiatan dan pengelolaan yang baik dan efiktif atau efisien.
Nama:indra
BalasHapusNim:17010104087
1.Menurut pandangan saya ketika seandanya saya menjadi guru.maka saya harus menetapkan beberapa langkah yaitu:
1.pembentukan karakter.
Pembentukan karakter yang paling utama karna dengan pembentukan karakter kita mudah mengetahui tingkah laku sifat dan lain sebagainya itu guru tau tentang karakter anak.
2. Pendidik yang baik kepada muridnya
supaya bisa lebih mudah atau lebih di sayang oleh muridnya intinya tdk menggunakan kekerasan dengan pendidik yang baik maka murid itu juga akan senang menerima pelajaran.
3.pengajar yang profesionl
guru harus profesional itu paling penting karna dengan profesional maka guru banyak melakukan betbagai kegiatan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.
2.Menurut pandangan saya tentang pengelolaan MI secara luas yaitu:
1.proses pengelolaan secara islami
Karna dengan pengelolaan secara islami maka semua kegiatan bisa di terlaksana dengan baik.
2.harus ada tujuan pendidikan islam
Karna dengan tujuan pendidikan islam kita bisa atau mudah dalam mengembangkan tujuan pendidikan yang jelas dan sesuai peraturan guru dan tepat menyusun sebuah langkah kegiatan dan pengelolaan yang baik dan efiktif atau efisien.
1. Menurut pandangan saya, untuk menjadi guru MI yang baik itu harus memiliki sikap sepenuh hati dalam mendidik murid-muridnya. Maksud sepenuh hati disini, guru itu harus memiliki rasa tulus dan ikhlas dalam mendidik muridnya. Selanjutnya, Seorang guru yang baik itu harus betul-betul memahami peran dan tugasnya sebagai seorang pendidik serta harus selalu menjadi panutan yang baik bagi murid-muridnya.
BalasHapus2. Menurut pandangan saya mengenai implikasi dalam pengelolaan MI secara luas yaitu, MI itu harus di kelola dengan baik dengan cara meningkatkan mutu MI tersebut. Kemudian, Dalam mengelola MI harus memiliki pedoman/dasar, yakni menyusun rencana kerja tahunan seperti penyusunan kalender pendidikan yang mengatur semua jadwal siswa dan juga jadwal guru dalam MI, dan menyusun program peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.
Nama/Stambuk: SARDIN / 17010104081
BalasHapusProdi/Kelas: PGMI / C
Semester : Empat (4)
1. Menurut cara pandang saya.bila mana saya
sudah menjadi guru/panutan bagi anak anak
maka saya harus berusaha menjadi orang yang
harus bisa dicontoh oleh anak didik saya
bukan hanya dari segi keilmuan akan tetapi
juga dari cara saya mengajar.
1. Dari segi keilmuan saya harus lebih
banyak tahu ketimbang siswa-siswi
2. Dari segi pengajaran model pengajaran
yang akan saya bawakan harus selalu
berbeda setiap harinya agar siswa
tidak cepat jenuh/bosan dengan model
pengajaran yang monoton atau tetap
dengan satu model pengajaran saja.
2. Menurut saya terkait masalah pengelolaan MI
secara meluas yaitu dengan meningkatkan
mutu/kualitas dari MI dan tentunya siswa
siswinya.dengan demikian maka lembaga
tersebut akan dikenal oleh konsumen.Dalam
pengelolaan MI kita harus memiliki ilmu
tentang manajemen agar sesuatu yang akan
kita kelola nantinya bisa membuahkan hasil
yang memuaskan.
Nama:irna wahyuni/17010104096
BalasHapusProdi: PGMI
Semester:Empat
Jawaban:
1. Menurut saya, guru yang baik adalah guru yang bekerja sesuai bidang dan profesi mereka dan bekerja secara profesional, guru yang tidak hanya mementingkan diri tetapi mementingkan kepentingan anak didiknya. Karena di sini guru sebagai orang tua ke 2 siswa setelah berada di sekolah,guru juga sangat di patuhi, guru adalah orang yang di tiru oleh siswanya. Jadi seorang guru harus bisa melahirkan anak-anak didik yang bisa berkompetisi di luar sekolah dalam bidang apapu dan guru harus mempunyai visi dan misi yang akan menjadi kan anak lebih baik lagi.
2. Pengelolaan Mi secara meluas.
- sekolah harus mempunyai tatanan yang baik dalam sekolah
- sekolah harus pintar mengambil hati masyarakat agar pandangan masyarakat terhadap sekolah itu baik.
- sekolah harus punya jaminan untuk masyarakat, apabila mereka menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut.
- dan sekolah harus bisa berkompetisi atau menyeimbangi sekolah-sekolah yang menurut masayarakat itu adalah sekolah yg sangat baik untuk anak mereka agar masyarakat tidak ragu untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah MI tersebut.
Nama : Nining susilawati
BalasHapus15010104174
Rrodi :PGMI
Semester : delapan
1. Menjadi guru yang baik menurut saya yaitu :
_ guru harus bisa menghargai karya siswa
_selama proses pembelajaran guru tidak bole membeda-bedakan siswa yang satu dengan siswa yang lain
_ disetiap tugas yang diberikan sama siswa guru harus bisa menghargai apa yang suda siswa kerjakan
_ mura senyum sama siswa
_selalu menguasai materi yang akan dibawakan dikelas
_selalu membedakan strategi belajar disetiap mau mengajar
2. Menurut saya pengelolaan MI secara meluas harus berdasarkan aturan-aturan keagamaan agar MI tersebut dapat berkembang dngan baik kemudian dalam pengelolaan ini kepala MI jga harus mampu memberikan contoh yang baik kepada bawahan agar pengelolaan MI selalu berjalan dengan baik.
Nama :Ervina
BalasHapusNIM :17010104074
Prodi :PGMI/C
Semester:IV(Empat)
1. Menurut pandangan saya, menjadi guru yang
baik adalah guru yang profesional, yaitu
guru mampu berkomunikasi dengan baik kepada
peserta didik, konsisten, tidak berubah-
ubah dalmmemberikan penilaian, maksudnya
tidak memandang status orang tua
siswa,jarang melakukan kesalahan, sebagai
motivator bagi peserta didik, selain itu,
guru harus pandai dan sabar ketika
menghadapi peserta didik, serta mampu
menjawab pertanyaan peserta didik dalam
proses belajar mengajar di kelas.
2. Menurut saya, implementasi pandangan saya terhadap pengelolaan MI secara luas, yaitu menjadikan wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin baik yang berkenaan dengan segi individualitas, sosial, aspirasi dan potensi peserta didik. Kemudian, pengelolaan MI dapat berjalan baik jika personil yaitu kepala sekolah, guru dan staf mempunyai kemampuan atau wawasan yang luas dan kualitas tinggi, dan juga pengelolaan sarana dan prasarana harus tersedia untuk menunjang keberhasilan peserta didik, pengelolaan keuangan melalui komite sekolah serta memberikan pembinaan yang berupa bimbingan islami yang baik.
Nama :MUH.ILHAM
BalasHapusNIM :17010104082
PRODI:PGMI
1.Menjadi guru yang baik menurut saya yaitu ialah guru yang bisa menjadi panutan bagi siswa siswinya,baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.guru sebagai pendidik khususnya di sekolah dasar(SD).Tentunya haruslah memiliki rasa kasih sayang,sabar dalam mengahadapi siswa,profesional,kreatif dan inovatif
2.implikasi terhadap pengelolaan MI,Yaitu suatu pengelolaan pendidikan khususnya di MI,Yang menurut saya dalam pengelolaan ini tentunya ada kerjasama,kekompakan untuk mencapi suatu tujuan bersama.
Nama : WINDI PUTRI LESTARI
BalasHapusNim: 17010104075
Prodi : PGMI KLS C
1. Menurut cara pandang saya untuk menjadi guru MI yang baik itu ada beberapa hal yaitu
a. Hal yang paling utama adalah guru tdk hanya selalu menuntut siswanya untuk melakukan hal-hal baik tetapi sebelum itu guru harus mampu menjadi cerminan yang baik dulu bagi para siswanya. Baik itu dari segi kepribadian, penampilan maupun dari segi kedisiplinan. Karena guru adalah panutan.
b. Guru juga harus mampu menguasai 4 komponen dasar untuk untuk menjadi guru yang profesional. Yaitu
- kompetensi profesional :disini guru harus mampu mengelolah proses belajar mengajar. Kemampuan ini dapat di dukung dari kemampuan mengelolah kelas, kemampuan menguasai materi penggunaan strategi dan media ajar.
- kompetensi pedagogik: disini guru harus mampu memahami proses pembelajaran. Guru harua mampu berinteraksi dengan siswanya. Berinteraksi disini yg saya maksud adalah guru mampu memahami berbagai kebutuhan siswanya mampu memahami berbagai macam karakter siswa sehingga mampu mendesain program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan para siswanya.
- Sosial : kompetensi sosial ini merupakan kemapuan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun dengan warga dimana guru beradayang harus dimiliki oleh guru.
-Kepribadian : kompetensi kepribadian sebagaimana yang telah saya katakan di atas bahwa seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik yang bisa dijadikan sebagai panutan.
2. Pandangan saya terhadap Implikasi MI secara luas yaitu harus berdasarkan norma-norma agama yang juga di dukung karena adanya kerjasama didalam lembaga MI tersebut.
Nama : WINDI PUTRI LESTARI
BalasHapusNim: 17010104075
Prodi : PGMI KLS C
1. Menurut cara pandang saya untuk menjadi guru MI yang baik itu ada beberapa hal yaitu
a. Hal yang paling utama adalah guru tdk hanya selalu menuntut siswanya untuk melakukan hal-hal baik tetapi sebelum itu guru harus mampu menjadi cerminan yang baik dulu bagi para siswanya. Baik itu dari segi kepribadian, penampilan maupun dari segi kedisiplinan. Karena guru adalah panutan.
b. Guru juga harus mampu menguasai 4 komponen dasar untuk untuk menjadi guru yang profesional. Yaitu
- kompetensi profesional :disini guru harus mampu mengelolah proses belajar mengajar. Kemampuan ini dapat di dukung dari kemampuan mengelolah kelas, kemampuan menguasai materi penggunaan strategi dan media ajar.
- kompetensi pedagogik: disini guru harus mampu memahami proses pembelajaran. Guru harua mampu berinteraksi dengan siswanya. Berinteraksi disini yg saya maksud adalah guru mampu memahami berbagai kebutuhan siswanya mampu memahami berbagai macam karakter siswa sehingga mampu mendesain program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan para siswanya.
- Sosial : kompetensi sosial ini merupakan kemapuan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun dengan warga dimana guru beradayang harus dimiliki oleh guru.
-Kepribadian : kompetensi kepribadian sebagaimana yang telah saya katakan di atas bahwa seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik yang bisa dijadikan sebagai panutan.
2. Pandangan saya terhadap Implikasi MI secara luas yaitu harus berdasarkan norma-norma agama yang juga di dukung karena adanya kerjasama didalam lembaga MI tersebut.
Nama: wartini
BalasHapusNim: 17010104097
1. Menjadi guru yang baik menurut saya adalah hal yang paling penting karena guru yg akan mencetak generasi penerus bangsa, seorang guru tidak hanaya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid muridnya tetapi juga mendidik di bidan apapun. Menjadi guru jangan hanya ingin mendaji orang yang di dengarkan kata katanya, tetapi jugaharus bersedia mendengarkan kesulitan yang di hadapi oleh muridnya. Murid masi anak anak yg masi perlu banyak bimbingan dari orang tua, jadi di sekolah seorang gurulah yg berperan sebagai orang tua. Menjafi seorang guru haruslah sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangakan minat, bakat dan kemampuan peserta didik, seorang guru wajib untukmengetahui karakter peserta didik satu persatu karena karakter anak sangatlah bebeda beda, intinya kunci utama menjadi sorang guru harus sabar.
2. Menurut pandangan saya terhadap implikasi MI Secara luas yaitu, pengelolaan MI harus ada yg namanya kerja sama antara manyarakat dan juga lembaga MI,Dan MI jga harus menyiapkan pendidik yg paham tentang aturan aturan dan hukum atau norma norma.
Nama: wartini
BalasHapusNim: 17010104097
1. Menjadi guru yang baik menurut saya adalah hal yang paling penting karena guru yg akan mencetak generasi penerus bangsa, seorang guru tidak hanaya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid muridnya tetapi juga mendidik di bidan apapun. Menjadi guru jangan hanya ingin mendaji orang yang di dengarkan kata katanya, tetapi jugaharus bersedia mendengarkan kesulitan yang di hadapi oleh muridnya. Murid masi anak anak yg masi perlu banyak bimbingan dari orang tua, jadi di sekolah seorang gurulah yg berperan sebagai orang tua. Menjafi seorang guru haruslah sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangakan minat, bakat dan kemampuan peserta didik, seorang guru wajib untukmengetahui karakter peserta didik satu persatu karena karakter anak sangatlah bebeda beda, intinya kunci utama menjadi sorang guru harus sabar.
2. Menurut pandangan saya terhadap implikasi MI Secara luas yaitu, pengelolaan MI harus ada yg namanya kerja sama antara manyarakat dan juga lembaga MI,Dan MI jga harus menyiapkan pendidik yg paham tentang aturan aturan dan hukum atau norma norma.
Nama: wartini
BalasHapusNim: 17010104097
1. Menjadi guru yang baik menurut saya adalah hal yang paling penting karena guru yg akan mencetak generasi penerus bangsa, seorang guru tidak hanaya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid muridnya tetapi juga mendidik di bidan apapun. Menjadi guru jangan hanya ingin mendaji orang yang di dengarkan kata katanya, tetapi jugaharus bersedia mendengarkan kesulitan yang di hadapi oleh muridnya. Murid masi anak anak yg masi perlu banyak bimbingan dari orang tua, jadi di sekolah seorang gurulah yg berperan sebagai orang tua. Menjafi seorang guru haruslah sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya untuk mengembangakan minat, bakat dan kemampuan peserta didik, seorang guru wajib untukmengetahui karakter peserta didik satu persatu karena karakter anak sangatlah bebeda beda, intinya kunci utama menjadi sorang guru harus sabar.
2. Menurut pandangan saya terhadap implikasi MI Secara luas yaitu, pengelolaan MI harus ada yg namanya kerja sama antara manyarakat dan juga lembaga MI,Dan MI jga harus menyiapkan pendidik yg paham tentang aturan aturan dan hukum atau norma norma.
Nama : Rizal
BalasHapusNim : 17010104078
1. Menurut pandangan saya menjadi guru yang baik harus mentaati aturan di sekolah tempat iya mengajar, kemudain memberikan sikap yang baik kepada siswa/i agar siswa siswi mencontohi guru tersebut. Menjadi guru yang baik tidak harus menjalani dua sifat yang beradah diatas saja, karena guru harus/ wajib memberikan apa yang telah iyah dapatkan di perguruaan tinggi, dan mengajarkan siswa siswi dengan baik dan mudah untuk dipahami.
2.Pandangan saya terhadap implikasi pengelolah MI secara luas suatu pengelolaan secara islam sebagai referensi seluruh kegiatan pengembangan di MI atau madrasa ibtidayah